Breaking News:

Begini Kondisi Kesehatan Abdul Hamid 'Pak Ogah' Di Serial Si Unyil

Yuyun mengatakan Pak Ogah sudah mengalami penyumbatan darah di otak selama tiga bulan

Editor: Agus Nuryadhyn
Facebook, Kompas.com/Revi C Rantung
Pak Ogah Si Unyil terbaring sakit 

Jika sudah begitu, maka kondisinya akan memburuk dan suaranya tidak keluar.

Hal itu membuat Abdul semakin sulit diajak berkomunikasi.

"Sekarang kondisinya susah diajak komunikasi. Setiap ditanya apa pasti jawabannya ngawur, kayak nggak nyambung," kata Yuyun.

Pak Ogah juga sulit fokus saat berjalan dan kepalanya sering terantuk.

Penyakitnya ini pun membuat Pak Ogah menjadi stress dan suka marah-marah sendiri seakan tak terima dengan penyakit yang membuat dirinya sulit mencari nafkah.

Kondisinya Memprihatinkan

Abdul menolak ke rumah sakit karena tidak punya uang dan BPJS-nya juga mati.

Saat ini, Abdul hanya menjalani pengobatan alternatif di rumah.

Abdul hanya meminta dicarikan obat supaya suaranya bisa kembali pulih, karena itulah ladangnya mencari nafkah, yaitu sebagai dubber atau pengisi suara.

Tapi, karena suaranya tidak kunjung pulih dan pemasukan juga tidak ada, membuat Abdul semakin stress.
Penyumbatan darah di otak itu membuat Pak Ogah sering demam.

Jika sudah begitu, maka kondisinya akan memburuk dan suaranya tidak keluar.

Hal itu membuat Abdul semakin sulit diajak berkomunikasi.

"Sekarang kondisinya susah diajak komunikasi. Setiap ditanya apa pasti jawabannya ngawur, kayak nggak nyambung," kata Yuyun.

Pak Ogah juga sulit fokus saat berjalan dan kepalanya sering terantuk.

Penyakitnya ini pun membuat Pak Ogah menjadi stress dan suka marah-marah sendiri seakan tak terima dengan penyakit yang membuat dirinya sulit mencari nafkah.

Keluarga Pak Raden kirim Bantuan

Melansir Tribunnews, Bantuan yang diberikan keluarga Pak Raden terhadap suaminya, Pak Ogah diungkap oleh Yuyun Widiyawati.

"Alhamdulilah dapat bantuan dari kakak almarhum Pak Raden," ujar Yuyun.

Dia menyebut keluarga Pak Raden baru saja mengirimkan uang sebesar Rp 5 juta. Uang itu rencananya akan dipakai untuk pengobatan Pak Ogah.

"Barusan dikirimin uang Rp 5 juta, alhamdulilah bisa buat bantu pengobatan Pak Ogah," tutur Yuyun.

Selain itu, Yuyun juga mengatakan kalau para penggemar Pak Ogah juga mengirimkan bantuan. Mereka bahkan sampai melakukan penggalangan dana.

"Sebelumnya juga ada orang-orang yang bikin galang dana untuk Pak Ogah," ujanya.

Hal tersebut membuatnya sangat senang.

Bahwa masih banyak orang yang peduli terhadap pemilik nama asli Abdul Hamid itu membuatnya tak menyangka.

"Saya merasa beruntung banyak yang bantu suami saat kondisi seperti ini," ungkap Yuyun.

Sekedar informasi, Pak Ogah sempat dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Namun, lantaran tak punya biaya untuk pengobatan, Pak Ogah menolak dan meminta pulang.

Tak ada Rekan Artis yang jenguk

Dalam kondisi seperti ini, Pak Ogah sempat mengaku ingin kembali bekerja dan berkumpul dengan rekan-rekan artis.

Sayangnya sampai saat ini, belum ada satu pun rekan artis yang datang untuk menjenguknya.

Tak ingin berpikiran buruk, Pak Ogah menduga jika teman-temannya itu sibuk dengan pekerjaannya masing-masing.

"Belum ada (rekan-rekan artis yang jenguk), baru temen-temen biasa aja, mungkin pada sibuk, (Temen-temen 'Si Unyil') nggak ada, nggak ada (yang jenguk)," kata Pak Ogah dengan nada sedikit melantur

Diketahui, selama sakit Pak Ogah hanya mau makan 3 jenis menu saja. Selain itu, ia akan mengamuk jika tak dituruti.

"Selama 2 bulan makannya melon, lapis legit sama bebek, selain itu dia sembur, kadang dilempar," ucap Yuyun.

"Dia maunya berobat tapi maunya langsung sembuh, untuk ke dokter dia nggak bisa (sembuh), dia langsung ngamuk. Susah banget deh.

Siapa Pak Ogah?

Ia dikenal sebagai seorang tunakarya yang kepalanya gundul dan kerjanya sehari-hari adalah duduk di pos ronda dan meminta uang dari orang-orang yang lewat.

Dua kalimat Pak Ogah yang paling terkenal adalah, "Ogah, aah" dan "Cepek dulu dong." Ogah adalah bahasa sehari-hari untuk mengatakan "tidak", biasanya karena kemalasan.

Misalnya apabila seseorang diajak temannya untuk pergi ke suatu tempat, tetapi ia ingin tinggal di rumah, ia dapat berkata, "Ogah, aah."

Perlu diperhatikan bahwa kata "ogah" ini memiliki konotasi kurang sopan bila digunakan kepada orang yang lebih tua atau lebih tinggi status sosialnya.

"Cepek" sebenarnya berarti seratus, diserap dari dialek Hokkian dan dalam hal ini adalah satu keping uang logam seratus Rupiah.

Pak Ogah dalam film seri biasanya hanya mengijinkan orang lewat di depan pos rondanya bila mereka memberinya seratus rupiah atau cepek terlebih dahulu.

Karena ketenaran seri Si Unyil, kata Pak Ogah kemudian memasuki wahana populer dan menjadi istilah umum untuk menyebut semua tunakarya yang lebih senang bermalas-malasan atau melakukan pekerjaan ringan.

Misalnya di perempatan jalan yang sibuk, sering kali karena satu alasan atau yang lain tidak ada petugas polisi yang mengatur lalu-lintas, seseorang yang bukan petugas polisi namun kemudian mengatur arus kendaraan dan meminta uang sebagai imbalan sering disebut "Pak Ogah"

Sosok Asli Pak Ogah

Abdul Hamid memerankan karakter Pak Ogah dalam film boneka si Unyil.

Wajah Boneka Pak Ogah dibuat mirip dengan Abdul Hamid.

Abdul Hamid ini diketahui sahabat dekat dengan Pak Raden.

Pak Raden meninggal dunia pada tahun 2015 lalu membuat Pak Ogah sedih kehilangan sosok sahabat yang disayanginya.

Kini dirinya yang harus berjuang dengan penyakit yang dideritanya.

Artikel ini telah tayang di Sripoku.com dengan judul Profil dan Perjalanan Karir Abdul Hamid, Pengisi Suara Pak Ogah Si Unyil, Sahabat Setia Pak Raden, 

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved