Breaking News:

Aksi Kejahatan Pembobol Rekening Bank, Viral di Medsos Instagram, Nasabah di Gresik Dibuat Resah

nasabah bank BNI yang menjadi korban akhirnya buka suara setelah viral di akun media sosial instagram @infogresik

Editor: Agus Nuryadhyn
surya.co.id/willy abraham
Mesin ATM Bank BNI di kawasan GKB Gresik diduga menjadi ajang kejahatan skimming, Minggu (20/6/2021). 

BABELNEWS.ID-- Viral di media sosial (medsos), sejumlah nasabah bank di Gresik merasa resah. Karena ada aksi kejahatan pembobolan rekening bank atau skimming. 

Para nasabah bank BNI yang menjadi korban akhirnya buka suara setelah viral di akun media sosial instagram @infogresik. Unggahan tersebut disukai 9.757 akun, dan mendapat 442 komentar pada Minggu (20/6/2021).

Unggahan itu berisikan pesan dari para korban yang saldonya tiba-tiba ludes. Ada pula korban yang baru mengetahui adanya penarikan uang secara diam-diam hingga belasan juta dan terdeteksi di wilayah Denpasar, Bali.

Mereka menjadi korban setelah melakukan transaksi di gerai ATM BNI di perumahan Gresik Kota Baru (GKB).

Salah satu korbannya yakni Nisfu Syabanah. Setelah melakukan transaksi di ATM BNI kawasan GKB pada Jumat kemarin (18/6/2021) dia hendak kembali bertransaksi melalui mobile banking. Dapat pemberitahuan tarik tunai dari Denpasar. Hal tersebut membuat saldo rekeningnya amblas.

"Sempat konfirmasi ke pihak bank. Kalau ATM saya di skimming hari senin besok. Tolong jangan pakai menarik di ATM BNI Giant GKB dulu daripada ada korban lagi," keluhnya.

Baca juga: Pelaku Begal 7 Tahun Lalu Berhasil Dilumpuhkan, Baru Tahu Korbannya Anggota Polri

Kasat Reskrim Polres Gresik AKP Bayu Febrianto Prayoga mengatakan, sejauh ini belum ada korban yang melapor.

"Kami berharap para korban segera melapor. Agar pihak kepolisian bisa menindaklanjuti kasus tersebut, memeriksa data transaksi, sebagai petunjuk," kata dia.

Kejadian yang dialami korban hingga ramai di media sosial diduga modus skimming.

Informasi yang dihimpun, Skimming adalah suatu tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu kredit atau debit secara ilegal. Strip magnetik ini merupakan tempat tersimpannya informasi mengenai kartu tersebut.

Halaman
12
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved