Kabar Bangka Barat

Bangka Barat Siapkan Isoter dan Tenaga Kesehatan

Mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 hingga masuknya varian Omicron, isolasi terpadu (Isoter) di Bangka Barat akan kembali diaktifkan.

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Rizky Irianda Pahlevy
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Achmad Nursyandi. 

MUNTOK, BABEL NEWS - Mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 hingga masuknya varian Omicron, isolasi terpadu (Isoter) di Kabupaten Bangka Barat akan kembali diaktifkan.

Hal ini diungkapkan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Achmad Nursyandi yang kini telah berkoordinasi dengan seluruh kecamatan termasuk kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Kalau kita sudah berkoordinasi dengan tim satgas, untuk kita menyiapkan seluruh perangkat untuk isoter. Kita minta aktifkan kembali isoter di seluruh kecamatan, termasuk wisma karantina dan rumah sakit termasuk tenaganya," ujar Achmad Nursyandi, Jumat (4/2/2022).

Selain itu sebagai pintu keluar masuk Kabupaten Bangka Barat dengan provinsi lain, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat akan memperketat Pelabuhan Tanjung Kalian guna mencegah masuknya Omicron.

"Di pintu-pintu masuk terutama di Tanjung Kalian, itu sudah diperketat untuk protokol kesehatannya dengan status vaksinasinya kita periksa. Untuk yang lain-lain kita tetap mengimbau masyarakat, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi," tuturnya.

Tidak adanya kasus Omicron di Kabupaten Bangka Barat, tak membuat pihaknya lengah. Achmad Nursyandi mengatakan, pihaknya kini giat menggencarkan vaksinasi booster.

"Booster untuk umum bisa, jadi bagi yang sudah divaksin lengkap plus booster itu dia lebih tahan dan kuat terhadap serangan dari varian yang terbaru ini. Makanya kalau bisa harapan kita masyarakat itu segera melakukan vaksinasi dosis lengkap kemudian booster," katanya.

"Jadi memang pengaruh vaksinasi ini besar, cuma walaupun sudah tinggi vaksinasinya, protokol kesehatannya jangan lalai," ungkapnya.

Di Kabupaten Bangka Barat sendiri, vaksinasi umum sudah mencapai 93 persen, sedangkan vaksinasi anak usia 6-11 tahun sudah 90 persen.

Selain itu dari data Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat saat ini, terdapat empat kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang masing-masing berasal dari Kecamatan Muntok dan Parittiga. (riz)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved