Otomotif

Toyota Raize GR Sport TSS Bisa Atur Kecepatan Tiga Level

Selama penggunaan, tim mencoba seluruh fitur yang disediakan oleh Raize GR Sport TSS.

Editor: Rusaidah
Kompas.com
Toyota Raize GR Sport TSS menghadirkan paket keselamatan lengkap. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Menjadi varian tertinggi pada sport utility vehicle (SUV) kompak terbaru dari Toyota, Raize GR Sport TSS menghadirkan paket keselamatan lengkap untuk kebutuhan berkendara harian yang canggih.

Bahkan, kemudahan tersebut juga hadir saat pengguna ingin memarkirkan kendaraan di wilayah yang kurang mendukung dan terbatas.

Meski begitu, bukan berarti Anda bisa melepas tanggung jawab ketika berkendara. Adapun fitur yang dimaksud ialah Lane Departure Assist with Steering Control, Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, sampai Pedal Missoperation Control.

Selama penggunaan, tim mencoba seluruh fitur yang disediakan oleh Riaze GR Sport TSS.

Fitur pertama yang dicoba adalah cruise control yang sudah dapat mengikuti kondisi lalu lintas dengan mendeteksi kendaraan yang berada di depan.

Cara pengaktifannya cukup mudah, hanya melalui tombol di stir kemudi. Pengemudi bisa mengatur kecepatan dan jarak terhadap kendaraan di depan dengan tiga level. Sehingga, mampu mengurangi potensi tabrakan.

Apabila jaraknya cukup dekat, kecepatan akan berkurang secara optomatis atau ada peringatan dari layar MID.
Kemudian ada fitur Front Departure Alert (FDA), yang mana bila mobil cukup dekat dengan kendaraan di sekitar, akan muncul suara peringatan. Sensor pada Raize GR Sport TSS terbilang cukup sensitif, jadi jangan heran akan sering berbunyi ketika padat kendaraan.

Belum usai sampai di sana, mobil juga disematkan Vehicle Stability Control (VSC). Saat pengujian kami, mobil terasa lebih presisi ketika bermanuver saat kecepatan tinggi. Mencegah terjadi understeering yang mengakibatkan hilang kendali. Guna memastikan pengendara selalu awas saat berkendara, Lane Departure Assist with Steering Control pada Raize GR Sport TSS berkerja optimal. Ketika mobil keluar dari garis marka jalan lurus, akan bunyi suara peringatan serta stir kemudi berupaya mengoreksinya agar kembali ke jalur.

Tapi perlu dicatat, ini hanya berlaku ketika marka jalan tidak putus dan cukup panjang. Sebab pembacaan sensor terbilang lama agar fitur dapat berkerja. Hal tersebut bisa ditolelir agar tidak terjadi kesalahan pembacaan saat di jalan.

Fitur terakhir yang diandalkan di mobil adalah Pedal Missoperation Control. Ini cukup unik karena memungkinkan pengendara terhindar dari tabrakan dengan tembok ketika parkir di wilayah yang kurang mendukung.

Cara kerjanya, sensor akan mendeteksi bagian depan mobil ketika hendak parkir. Saat jarak antara mobil dengan tembok cukup dekat, pedal gas akan terkoreksi sehingga pengendara tidak bisa menekan gas lagi. Tapi dalam pengetesan, fitur tidak bisa berkerja optimal, terkadang berfungsi tapi di beberapa kondisi tidak berfungsi. Hal itu karena terdapat syarat yang harus dipenuhi baik kecepatan mobil, jarak dengan tembok, dan lainnya. Sementara untuk HSA, kami tidak bisa menguji secara baik karena butuh lintasan yang mumpuni yaitu terjal. Begitu pun 6 buah airbags yang kini tersemat pada bagian depan dan belakang mobil. (*)

 

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved