Otomotif

Tips Merawat Motor Pasca Perjalanan Libur Lebaran ala Yamaha

Tips perawatan dan pengecekan sepeda motor dari Yamaha bagi para pemilik kendaraan selepas menempuh perjalanan libur lebaran.

Editor: Rusaidah
Istimewa/Yamaha
Yamaha memberikan tips perawatan sepeda motor pasca perjalanan libur lebaran. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Momen libur lebaran 2022 telah berakhir. Di bumi Serumpun Sebalai Provinsi Bangka Belitung sendiri banyak masyarakat yang mudik ke kampung halamannya masing-masing, terpantau banyak juga yang membawa kendaraan pribadi keluar pulau atau keliling kota bersama keluarga, terlihat sangat padatnya arus lalu lintas setelah lebaran hari pertama.

Pasca berpergian jarak jauh melewati beragam kondisi jalan dan kemacetan panjang khas libur lebaran, ada kemungkinan sepeda motor yang dikendarai kini tidak lagi dalam kondisi yang prima. Itulah sebabnya, sangat disarankan bagi para pemilik kendaraan untuk melakukan pengecekan dan perawatan terhadap beberapa komponen guna mengoptimalkan kembali performa sepeda motor.

"Bagi mereka yang menggunakan kendaraan roda dua selama lebaran dan menempuh perjalanan yang cukup jauh dirasa perlu untuk melakukan pengecekan dan perawatan kembali yang tepat di bengkel resmi Yamaha kita. Hal ini dikarenakan kondisi sepeda motor yang prima merupakan salah satu factor penunjang keselamatan berkendara," ujar Oriansah.M selaku Area Control Marketing & Manager Yamaha Riding Academy dari CV Sumber Jadi Main Dealer Yamaha Bangka Belitung.

Tips perawatan dan pengecekan sepeda motor dari Yamaha bagi para pemilik kendaraan selepas menempuh perjalanan libur lebaran.
* Membersihkan motor
Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh pengendara selepas menempuh pejalanan jarak jauh tentunya adalah membersihkan kendaraan dari kotoran yang menempel, seperti debu, tanah dan juga minyak. Karena kotoran tersebut, berpotensi menghambat kinerja komponen kendaraan atau bahkan membuatnya rusak seperti berkarat.
* Cek oli mesin dan transmisi
Salah satu bagian penting dari sepeda motor yang perlu dilakukan pengecekan setelah melakukan perjalanan jarak jauh adalah oli mesin. Baik itu volume, kekentalan, maupun warna dari cairan oli itu sendiri.
* Cek aki/battery
Komponen lain yang perlu dilakukan pengecekan adalah aki atau battery untuk memastikan kondisinya tidak lemah atau soak sehingga fungsi kelistrikan sepeda motor bekerja dengan baik, termasuk fungsi starter engine untuk menghidupkan mesin.
* Cek filter udara
Komponen filter udara juga dinilai perlu untuk dilakukan pengecekan setelah berkendara jauh. Pasalnya, jika filter udara kotor dan tidak segera dibersihkan, maka tarikan motor akan terasa berat dan dalam kasus yang lebih parah bisa membuat mesin motor menjadi tersendat.
* Cek kampas rem
Libur lebaran identik dengan perjalanan jauh yang disertai dengan kondisi lalu lintas yang padat bahkan cenderung macetsehingga kondisi berkendara lebih sering bersifat stop and go.
* Cek kinerja suspensi
Pasca perjalan jauh yang melewati berbagai kondisi medan, termasuk jalanan jelek berlubang, berbatu, dan bergelombang sangat mungkin membuat kinerja suspensi motor menjadi tidak lagi optimal.
* Cek kondisi ban
Ban juga menjadi salah satu komponen penting pada sepeda motor yang harus dilakukan pengecekan pasca melakukan perjalanan libur lebaran, mengingat fungsinya yang begitu vital dalam menopang beban motor dan menjaga traksi kendaraan ke permukaan jalan. (*/t2)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved