Berita Bangka Selatan

Satgas Covid-19 Bangka Selatan Kumpulkan Kades Kejar Target Vaksinasi

Wakil Ketua Satgas Percepatan Penganan Covid-19 Basel, AKBP Joko Isnawan mengatakan, rapat koordinasi ini sebagai bentuk evaluasi capaian vaksinasi.

Bangka Pos/Yuranda
Irwasda Polda Babel Kombes Pol Agus Mandarwanto memantau pelaksanaan vaksinasi. 

TOBOALI, BABEL NEWS - Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangka Selatan, mengumpulkan kepala desa, camat, Bhabinkamtibmas dan organisasi perangkat daerah (OPD) di Pendopo Kompleks Perkantoran Pemkab Basel, Jumat (20/5). Hal ini dilakukan guna menyamakan persepsi agar percepatan vaksinasi Covid-19 di Basel tercapai 100 persen.

Wakil Ketua Satgas Percepatan Penganan Covid-19 Basel, AKBP Joko Isnawan mengatakan, rapat koordinasi ini sebagai bentuk evaluasi capaian vaksinasi di wilayahnya. "Mereka ini dikumpul guna menyusun skema dan persepsi agar target mempercepat vaksinasi di tingkat desa segera tercapai," kata Jokis, sapaan akrabnya.

Dirinya mengakui, saat ini capaian vaksinasi dosis pertama baru 95 persen dari target 100 persen. Sedangkan, untuk dosis kedua baru terealisasi 65 persen, serta target vaksinasi ketiga baru sekitar 13 persen. "Dengan capaian ini seluruh pihak-pihak terkait diminta meningkatkan inovasi dalam melakukan percepatan vaksinasi di Basel," jelasnya.

Sehari kemudian atau pada Sabtu (21/5), Polres Basel menerjunkan Bhabinkamtibmas untuk mendampingi vaksinator menyalurkan vaksin kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan guna mempercepat capaian vaksinasi Covid-19 hingga ke pelosok desa di wilayah tersebut.

Kabag Ops Polres Basel, Kompol Harry Kartono mengatakan, pendampingan ini dilakukan secara melekat dengan pola, satu desa satu vaksinator dan satu Bhabinkamtibmas. "Dalam giat vaksinasi ini sebagai pelaksana tim vaksinator yang disiapkan oleh dinas kesehatan dengan pola satu desa satu vaksinator dan satu Bhabinkamtibmas," kata Harry Kartono.

Selain pendampingan, para Bhabinkamtibmas juga mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan mengikuti vaksinasi. "Para bhabinkamtibmas ini tidak hanya mendampingi tim vaksinator. Mereka juga mengedukasi warga pentingnya vaksinasi guna meningkatkan kekebalan tubuh," ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan vaksinasi dilaksanakan dari rumah ke rumah, mulai dari vaksinasi satu, dua hingga vaksinasi booster. "Walau penyebaran Covid-19 cenderung menurun, bahkan sampai saat ini masih nol, namun kita tetap jalankan Prokes, semoga dengan kegiatan ini target vaksinasi akan segera tercapai dan dapat memberikan herd immunity kepada seluruh masyarakat Basel," ucapnya. (ynr)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved