Otomotif

Platform TNGA Jadi Nyawa SUV Toyota Raize

PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali mengaplikasikan platform terbaru ke sport utility vehicle alias SUV Toyota Raize.

Editor: Rusaidah
Kompas.com
Dibekali platform TNGA, Toyota Raize akan menyajikan sesuatu yang berbeda. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali mengaplikasikan platform terbaru ke sport utility vehicle alias SUV Toyota Raize, yang baru saja meluncur ke pasar dalam negeri.

Bernama Toyota New Global Architecture (TNGA), pabrikan asal Jepang tersebut mengklaim kendaraan akan menyajikan sesuatu yang berbeda baik dalam hal kenyamanan, kemudahan, sampai efisiensinya.

"TNGA merupakan struktur platform baru untuk lini produk Toyota untuk meningkatkan kenyamanan, pengendalian, maupun pada efisiensi bahan bakar," ujar Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy belum lama ini.

Dijelaskan dalam situs resmi Toyota Motor Corporation, secara umum platform tersebut memiliki tiga unsur utama yaitu agillity, stabillity, dan visibillity sehingga mobil lebih nyaman dan stabil. Adapun tujuan utama dari penyematan TNGA ialah untuk meningkatkan kualitas berkendara dan kenyamanan yang diwakilkan melalui visibilitas lebih luas saat berada di mobil (interior) dan minimnya suara mesin.

Kemudian, untuk menambah kemudahan serta keamanan ketika saat mengoperasikan kendaraan. Tak lupa, membuat desain atau gaya tampilan kendaraan yang semakin modern di samping performanya.

Menurut pihak Toyota, evolusi di bidang manufaktur dapat menciptakan juga evolusi terhadap kendaraan. Tentu semua itu bertujuan untuk meningkatkan performa. Menurut mereka setiap kendaraan membutuhkan inti yang kuat. Karena itu mereka menghadirkan kebutuhan tersebut ke dalam platform TNGA.

Untuk pengerjaan platform TNGA, Toyota disebut sudah melakukan pengembangan secara terpisah dari setiap bagiannya, hingga menghadirkan pengembangan yang terintegrasi berdasarkan konsep optimasi total.

Proses tersebut dapat menghasilkan unit platform powertrain yang ringan, ramping, dan berkualitas. Tidak hanya itu, titik pemasangan lebih rendah mampu meningkatkan kinerja mengemudi yang lebih dinamis.

"Tapi memang untuk mengetahui lebih rinci perbedaan dan keunggulan pada kendaraan yang sudah menggunakan platform TNGA, harus melakukan pengujian langsung (test drive)," ujar Anton.

Di Indonesia sendiri, Toyota dengan TNGA pertama kali masuk dengan model CH-R, disusul oleh Toyota Camry, Toyota Corolla Altis, dan Toyota Raize. (*/t3)

 

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved