Aparatur Sipil Negara Jangan Nyinyir di Medsos

Jangan sampai memposting sesuatu yang salah dan baru sadar setelahnya.

Editor: suhendri
Ist/Prokopim Iwan
Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang Radmida Dawam membuka acara penandatanganan dan penyerahan memorandum of understanding (MoU)/nota kesepahaman sekolah ramah anak (SRA) antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pangkalpinang, di ruang OR Tudung Saji, kantor Wali Kota Pangkalpinang, Selasa (12/4/2022). 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang Radmida Dawam meminta aparatur sipil negara (ASN) bijak dalam bermedia sosial dan tidak nyinyir di medsos.

Terlebih-lebih, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 137 Tahun 2018 tentang Penyebarluasan Informasi Melalui Media Sosial bagi ASN.

"Media sosial kalau tidak digunakan secara benar terkadang juga bisa menyimpang," kata Radmida, Senin (6/6/2022).

"Sanksi tegas siap diberikan apabila ASN melanggar dalam medsos. Pegawai harus memperhatikan Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja agar tidak dilanggar oleh ASN," tuturnya.

Radmida menyebutkan, postingan di media sosial akan meninggalkan jejak digital.

Oleh karena itu, lanjut dia, bijaklah dalam menggunakan medsos. Jangan sampai memposting sesuatu yang salah dan baru sadar setelahnya.

Radmida juga mengingatkan jangan menggunakan medsos untuk mencari permusuhan, mendiskreditkan, serta menyebarkan isu suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).

"Jadi harus berhati-hati dalam memposting sesuatu karena itu harus disikapi dengan bijak. Jangan juga kita nanti terjerat Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik karena semua ada sanksinya," katanya.

Kendati demikian, pihaknya sejauh ini belum menemukan ASN di lingkungan Pemkot Pangkalpinang yang bermasalah karena postingan di media sosial.

"Sebagai ASN kita harus menjaga muruah ASN maupun PHL (pegawai harian lepas) dan semua perangkat pemerintahan Kota Pangkalpinang, baik nama baik diri kita maupun keluarga," ujar Radmida. (u1)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved