Berita Kabupaten Bangka Selatan

2023, Gaji Honorer Bangka Selatan Jadi Rp2 Juta

Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan berencana menaikkan kembali gaji honorer atau pegawai harian lepas (PHL) di wilayahnya pada tahun 2023.

Bangka Pos/Yuranda
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Basel, Suprayitno 

TOBOALI, BABEL NEWS - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan berencana menaikkan kembali gaji honorer atau pegawai harian lepas (PHL) di wilayahnya pada tahun 2023. Hal tersebut disampaikan Kepala BKPSDMD Basel, Suprayitno saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/6).

Suprayitno mengakui, memang gaji para honorer ini sempat mengalami penurunan dari Rp2 juta menjadi Rp1,5 juta, beberapa waktu lalu. "Tidak ada perbedaan dari jenjang SMA hingga S-1, semuanya rata sama. Namun kebijakan dari Pak Bupati Basel tahun 2023 hingga 2024 berencana akan menaikkan gaji PHL menjadi Rp2 juta ke atas sesuai dengan jenjang pendidikan," kata Suprayitno.

Diakuinya, Pemkab Basel ke depannya, tidak melakukan penambahan atau pengurangan honorer. Bahkan menurutnya, hal ini telah disetujui dalam rapat bersama.

"Untuk ASN Pemkab Basel saat ini ada 2.770 orang, sedangkan PHL ada sebanyak 2.815 orang di setiap OPD terkait. Kami kemarin sudah rapat semua pihak dan telah menyetujui semua, bahwa mulai 1 Juli 2022 tidak ada melakukan penambahan maupun pengurangan tenaga PHL, karena akan ada pendataan langsung di setiap OPD melalui BKPSDMD Basel," jelasnya.

Ia menambahkan, Pemkab Basel sudah mengikuti rapat bersama dengan pihak Pemprov Babel, bahwa lima tahun ke depan tidak ada lagi penerimaan PHL karena akan dilakukan penataan.

"Alhamdulillah, kami sudah melakukan Rakornas kemarin untuk lima tahun ke depan tidak ada penerimaan PHL, terhitung dari 2018 hingga November 2023. Untuk mengantisipasi hal tersebut kami akan melakukan perekrutan melalui tes PPPK dan CPNS bagi para pegawai yang sudah bekerja saat ini," ucap Suprayitno. (v1)

Sumber: Bangka Pos
  • Tribun Shopping

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved