Kabar Pangkalpinang

PPnBM DTP Efektif Dorong Pertumbuhan Pasar Otomotif

Penjualan mobil baru di showroom Honda Niaga Bangka meningkat sepanjang tahun 2022. Bahkan diperkirakan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Editor: Rusaidah
DOK BANGKA POS
Display Honda City Hatchback di Showroom Honda Niaga Bangka. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Penjualan mobil baru di showroom Honda Niaga Bangka meningkat sepanjang tahun 2022. Bahkan diperkirakan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Kenaikan penjualan juga tidak terlepas dari upaya pemerintah untuk menyelamatkan industri otomotif melalui kebijakan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DPT).

General Manager Honda Niaga Bangka Jumhar menyebut, kenaikan penjualan mobil di Showroom Honda memang meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurutnya, penjualan Honda di tahun lalu didukung performa Honda Brio, peluncuran beberapa model baru, hingga insentif PPnBM DTP yang efektif mendorong pertumbuhan pasar otomotif.

"Kalau meningkat penjualan itu secara Nasional memang meningkat, dan itu juga kita rasakan di Honda Niaga Bangka. Kami juga bersyukur bahwa permintaan konsumen untuk produk-produk Honda masih sangat tinggi, terutama untuk Honda Brio dan model baru seperti All New Honda BR-V dan City Hatchback RS," kata Jumhar kepada Bangka Pos Group, Selasa (28/6).

Bahkan kata Jumhar, penjualan Honda Brio sangat dominan dan paling diminati konsumen, kemudian disusul oleh City Hatchback RS.

Sebelumnya, belum genap setengah tahun, tepatnya Jumat (24/6), sebanyak 32.109 sepeda motor dan 2.891 mobil dibeli masyarakat Bangka Belitung.
Jumlah itu diperoleh dari data Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor masing-masing UPT Bakuda Babel.

Pembelian motor dan mobil meningkat di semua kabupaten/kota pada Maret 2022.

"Memang dari Pangkalpinang pembeli terbanyak, tapi sebetulnya banyak juga dari daerah lain, karena Pangkalpinang masyarakat dan mobilitasnya lebih banyak jadi pembeliannya lebih banyak juga," tuturnya.

Apalagi, kata Jumhar semenjak harga komoditi tambang timah melejit di Pulau Bangka, penjualan mobil juga ikut meningkat.

"Kalau disebabkan karena harga timah kita tidak bisa pastikan karena itu, cuma memang penjualan meningkat selama timah naik sejak akhir tahun kemarin," sebutnya.

"Disamping itu masyarakat sudah tahu performa dan eksistensinya mobil Honda itu seperti apa, intinya penjualan tahun ini sangat bagus," tambahnya.
Kata Jumhar, untuk pembelian sendiri antara cash dan kredit masih imbang keduanya tetap menjadi pilihan.

"Untuk pembelian antara cash dan kredit itu masih fifty-fifty, keduanya imbang selama tahun kemarin itu," tuturnya. (t2)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved