Berita Bangka Selatan

Kunjungan Kerja ke Babel, Menhub Budi Karya Ingin Pelabuhan Produktif

Dirinya juga meminta kepada Pemprov maupun kabupaten/kota, untuk mengidentifikasi mana yang layak dijadikan sebagai pelabuhan barang maupun manusia.

SADAI, BABEL NEWS - Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Sadai, Kabupaten Bangka Selatan, dan beberapa pelabuhan lainnya di Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (3/7). Kedatangannya ini, bertujuan meninjau langsung kondisi dan perkembangan pelabuhan-pelabuhan, khususnya yang ada di Babel.

Kunjungan diawali dengan mendengarkan paparan dari pihak pelabuhan terkait beroperasinya pelabuhan tujuan Basel ke Pulau Belitung, Pongok, maupun Lepar. "Kunjungan kerja kita ini memang sudah direncanakan bersama dengan gubernur, untuk menata kembali pelabuhan-pelabuhan di Bangka maupun Belitung. Kita kembangkan secara lebih produktif pada pelabuhan-pelabuhan yang ada di Babel," kata Budi Karya.

Ia menjelaskan, Babel memiliki beberapa pelabuhan. Di antaranya, Pelabuhan Sadai, Pangkalbalam, Tanjung Ular, Belinyu dan sebagainya. "Nah kita ketahui pelabuhan adalah tempat aktivitas barang maupun manusia, oleh karenanya nanti kita lihat yang mana memiliki prospek untuk dikembangkan ke depannya," tambahnya.

Dirinya juga meminta kepada Pemprov maupun kabupaten/kota, untuk mengidentifikasi mana yang layak dijadikan sebagai pelabuhan barang maupun manusia. "Saya meminta gubernur untuk segera mengindentifikasi, mana yang bagus untuk dikembangkan jadikan pelabuhan barang maupun manusia. Karena kalau sudah banyak pelabuhan akan tidak bagus nantinya, tentu menjadi tidak ekonomis. Namun jika pelabuhan kita kembangkan lebih bagus, akan menjadi suatu dampak positif," ungkapnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin memastikan, akan membuat perencanaan dengan semua pihak terkait kelanjutan kunjungan ini. "Jadi kata kunci kita dari Pak Menteri produktivitas, saya pemerintah level provinsi akan membuat perencanaan terpadu bersama dengan bupati/wali kota, supaya produktivitas kita baik dan efisien. Yang kedua fokus kita pelayanan terhadap masyarakat," ungkap Ridwan.

Hal senada disampaikan, Wabup Bangka Selatan, Debby Vita Dewi. Pihaknya menyambut baik kunjungan Menhub bersama rombongan ke Pelabuhan Sadai. "Kami sangat bersyukur atas kedatangan Bapak Menteri bersama Bapak Pj Gubernur Babel ke Basel, karena bisa langsung melihat bagaimana potensi yang ada di Pelabuhaan Sadai. Kami berharap betul apa yang disampaikan tadi, kalau banyak pelabuhan untuk apa kalau tidak efektif," kata Debby.

Pantauan udara
Setelah melakukan kunjungan ke Basel, Menhub Budi Karya Sumadi dan rombongan melakukan pemantauan kawasan Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu, Kabupaten Bangka, melalui helikopter yang ditumpanginya, Minggu sore. Hal ini diketahui, setelah helikopter yang ditumpangi rombongan terlihat di udara sekitar pukul 16.48 WIB melintasi Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu sebanyak dua kali, setelah itu melanjutkan terbang ke Pangkalpinang.

Kepala Dishub Babel, Asban Haris mengatakan, memang semula direncanakan kedatangan Menhub untuk meninjau pembangunan Pelabuhan Sadai dan Pelabuhan Tanjung Gudang. "Namun dalam pelaksanaannya usai meninjau Pelabuhan Sadai, selanjutnya beliau mengunjungi Pelabuhan Tanjung Ular Muntok Kabupaten Bangka Barat, dan hanya meninjau Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu lewat udara menggunakan helikopter," kata Asban.

Ia mengakui, dari informasi yang diterimanya, hal ini karena pesawat jet pribadi yang membawa Menhub harus berangkat ke Jakarta pukul 17.00 WIB. Sehingga tidak cukup waktu lagi untuk mendarat di Belinyu. "Helikopter yang ditumpangi beliau harus segera ke Bandara Pangkalpinang lagi, sehingga hanya meninjau dari udara saja," ujarnya.

General Manager PT Pelindo Pangkalbalam, Noval menambahkan, pembangunan Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu ini akan menambah panjang lagi sekitar 37 meter ke depan. "Juga ada perbaikan-perbaikan fasilitas pelabuhan dan lainnya yang dianggarkan sekitar Rp26 miliar," kata Noval.

Diakuinya, Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu ini merupakan pelabuhan yang masuk dalam program tol laut nasional. "Pelabuhan ini masuk dalam program tol laut nasional, sehingga menjadi prioritas untuk dikembangkan," ujarnya. (v1/edw)

Sudah Siapkan Tenda
MENTERI Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi sempat dijadwalkan meninjau pembangunan sarana prasarana transportasi di Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu, Minggu (3/7). Bahkan pihak pemerintah setempat sudah mendirikan tenda untuk menyambut kunjungan kerja ini.

Selain itu, Pemkab Bangka juga mengutus Wakil Bupati Bangka, Syahbudin untuk menyambut kedatangan Menhub ini. Hal ini dikarenakan Bupati Bangka, Mulkan di waktu bersamaan membuka kejuaraan sepak bola Kades Cup 1 Desa Gunung Muda Kecamatan Belinyu.

Kepala Dinas Kominfotik Bangka, Boy Yandra mengatakan, dari informasi kedatangan Menteri Perhubungan RI ke Kecamatan Belinyu menggunakan helikopter dari Pelabuhan Sadai Kabupaten Bangka Selatan. "Memang sempat beredar kabar kunjungan ke Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu batal dan dialihkan ke Pelabuhan Muntok Bangka Barat, namun dikabarkan lagi kunjungan ke Belinyu tetap dilaksanakan," kata Boy Yandra di Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu.

Semula kedatangan Menteri Perhubungan RI ini dijadwalkan pukul 14.00 WIB. Namun, hingga pukul 16.20 WIB belum terlihat tanda-tanda kedatangannya. Hingga akhirnya, dikabarkan jika Menhub dan rombongan hanya memantau kondisi Pelabuhan Tanjung Gudang dari helikopter yang ditumpanginya sekitar pukul 16.48 WIB. (edw)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved