Kabar Bangka Selatan

Disperkim Bangka Selatan Alokasi 60 Rumah Layak Huni

Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Bangka Selatan akan memberikan bantuan rumah layak huni.

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Adi Saputra
Kepala Disperkim Bangka Selatan Marsanti . 

TOBOALI, BABEL NEWS - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkrim) Bangka Selatan akan memberikan bantuan rumah layak huni (RLH) di beberapa kecamatan yang ada di Bangka Selatan tahun ini.

Program RLH merupakan alokasi anggaran yang disiapkan pemerintah daerah melalui penggunaan dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat.
Bantuan tersebut akan disalurkan kepada masyarakat kurang mampu dan rumahnya yang memang sudah tidak layak lagi sesuai data yang tercatat di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkrim) Bangka Selatan.

Kepala Disperkim Bangka Selatan Marsanti mengatakan, Disperkim Bangka Selatan akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat berupa RLH.

"Alhamdulillah tahun ini kita dapat bantuan dana alokasi khusus (DAK), akan kami salurkan kepada masyarakat dengan memberikan bantuan berupa rumah layak huni yang ada di beberapa kecamatan khususnya di Kabupaten Basel," kata Marsanti, Kamis (14/7).

"Sekitar 60 rumah yang mendapatkan bantuan untuk tahun ini, sudah kami rincikan dan akhir Juli nanti akan segera dibangun," katanya.

Ia pun menjelaskan, bantuan tersebut disalurkan kepada masyarakat, berupa bahan bangunan atau material.

"Jadi satu rumah itu diberikan bantuan sebesar Rp35 juta, akan tetapi tidak diberikan uang cash. Namun melalui rekening BRI dan langsung dibayarkan kepada toko bangunan sesuai dengan jumlah yang sudah dirincikan tidak lebih dan tidak kurang," jelasnya.

Ia menyebutkan bagi penerima bantuan rumah layak huni, bisa membuat rumah berbagai tipe dengan syarat sesuai dengan rincian yang didapatkan.

"Sebagai contoh saja, jika salah satu rumah yang sudah memiliki bahan banguan seperti batu gunung atau batako, mereka tidak perlu lagi beli barang tersebut di rincian. Akan tetapi uang yang didapat dari bantuan bisa digunakan untuk membeli bahan lain, dengan catatan sesuai dengan kebutuhan bangun rumah," sebutnya.

Dirinya juga berharap dengan adanya bantuan RLH, bisa membantu masyarakat yang membutuhkan khususnya di Kabupaten Bangka Selatan.

"Semoga dengan adanya bantuan rumah layak huni seperti ini, dapat membantu masyarakat terutama yang memang membutuhkan dari pemerintah daerah maupun pusat," harapnya. (v1)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved