Kabar Bangka

Lima Jemaah Haji Babel Tawaf Ifadah Pakai Kursi Roda

Sebanyak lima orang jemaah haji asal Propinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Tawaf Ifadah menggunakan kursi i roda karena sakit.

Editor: Rusaidah
Istimewa/Dok M Kurnia
Para jemaah haji Babel bersiap sebelum melaksanakan Tawaf Ifadah. 

SUNGAILIAT, BABEL NEWS - Sebanyak lima orang jemaah haji asal Propinsi Kepulauan Bangka Belitung yang tergabung dalam Kloter 05 PLM melaksanakan Tawaf Ifadah menggunakan kursi roda karena sakit akibat kelelahan usai menjalankan rangkaian ibadah haji di Arofah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

"Ada lima jemaah haji kita asal Kepulauan Bangka Belitung yang tergabung dalam Kloter 05 PLM ketika melaksanakan Tawaf Ifadah yang merupakan rangkaian ibadah haji harus menggunakan kursi roda yang didorong oleh mukimin yang tinggal di Kota Makkah," kata H Sopian, Pembimbing Ibadah Haji Kloter 05 PLM melalui pesan WhatsApp, Kamis (14/7).

Dilanjutkannya, alasan jemaah menggunakan kursi roda ketika melakukan Tawaf Ifadah, karena keadaan sakit akibat kelelahan saat melakukan rangkaian Armuzna, sehingga selaku pembimbing ibadah haji mengambil inisiatif untuk mendorong jemaah tersebut menggunakan kursi roda.

"Dari lima jemaah tersebut ada satu orang yang belum melaksanakan Tawaf Ifadah karena beliau baru saja dikembalikan dari rumah sakit TKHI yang ada di Makkah. Insya Allah Kamis (14/7) akan kita dorong untuk melakukan Tawaf Ifadah juga dengan menggunakan kursi roda oleh mukimin setempat," ujar Sopian.

Diungkapkannya, sebagian besar jemaah Babel di Kloter 05 PLM sudah selesai melaksanakan Tawaf Ifadah, Sa'i dan Tahalul sebagai rangkaian ibadah haji yang sempurna.

"Sebelum berangkatkan atau didorong ke Madinah, Insya Allah nantinya jemaah kita satu rangkaian ibadah lagi yang akan dikerjakan, yakni Tawaf Wada," kata Sopian.

Ditambahkannya, keadaan jemaah Babel sampai dengan rangkaian ibadah Tawaf Ifadah dalam keadaan sehat, walaupun sebagian besar masih kelelahan sehingga harus banyak istirahat sembari menunggu pelaksanaan Tawaf Wada' dan pendorongan ke Madinah.

"Sembari menunggu pendorongan jemaah haji Babel ke Madinah yang diperkirakan pada tanggal 1 Agustus 2022 nanti, jemaah masih bisa melaksanakan ibadah tawaf sunnah dan umroh," jelas Sopian. (edw)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved