Pangkalpinang Kirim 16 Peserta ke Jambore Nasional XI

Enam belas anggota Pramuka itu akan mengikuti Jambore Nasional XI di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur

Editor: suhendri
Bangka Pos/Cepi Marlianto
APEL PELEPASAN - Kontingen Jambore Nasional asal Kota Pangkalpinang mengikuti apel pelepasan di rumah dinas Wali Kota Pangkalpinang, Jalan Merdeka, Pangkalpinang, Kamis (11/8/2022) sore. Kontingen tersebut akan mengikuti Jamnas di Cibubur, Jakarta Timur, 14-21 Agustus 2022. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil mengatakan kegiatan pramuka penting dalam memberikan pelajaran kepada generasi muda agar lebih mencintai tanah air dan melatih tanggung jawab anak-anak.

Hal itu sebagaimana arti Pramuka (Praja Muda Karana), yakni Jiwa Muda yang Suka Berkarya.

"Ini era globalisasi, anak-anak dituntut lebih tangguh, cakap, dan mandiri," kata Molen, sapaan akrabnya.

Hal tersebut disampaikannya usai melepas 16 anggota Pramuka Pangkalpinang di rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang, Kamis (11/8/2022) sore.

Enam belas anggota Pramuka itu akan mengikuti Jambore Nasional XI di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur, 14-21 Agustus 2022.

Pria yang juga menjabat ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Pangkalpinang tersebut menambahkan, gerakan pramuka merupakan solusi pembentukan karakter anak bangsa. Revolusi mental dapat terbentuk dari gerakan ini.

Oleh karena itu, dia berharap pramuka di Bangka Belitung bukan hanya sekadar nama, namun jadi gerakan masif yang selalu eksis membawa anak-anak menjadi berkarakter dan memiliki nasionalisme yang tinggi.

Lebih lanjut, Molen berpesan kepada para peserta jamnas supaya menjaga sopan santun dan tata krama.

"Mereka ini wajib dimonitor, jangan sampai mereka terjadi apa-apa di sana nantinya," ucapnya.

"Jaga kesehatan, apalagi dalam kondisi ke depan cuaca agak panas. Kita akan terus mengawasi untuk menjaga kesehatan mereka di sana," tutur Molen.

Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Pangkalpinang Ihsan Riza menyebutkan, 16 anggota pramuka yang akan mengikuti jamnas tersebut adalah golongan penggalang.

Mereka dibagi menjadi regu putra dan putri.

Enam belas orang tersebut merupakan siswa dari beberapa sekolah di Pangkalpinang yang sebelumnya telah dinyatakan lulus mengikuti seleksi.

Nantinya, mereka akan mengikuti jamnas selama 12 hari didampingi beberapa pendamping dan guru.

"Kontingen sendiri akan berangkat Jumat siang. Mudah-mudahan mereka dapat berangkat dan kembali dengan sehat walafiat," kata Ihsan. (u1)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved