Bencana Alam Terjang Bateng dan Basel, Puluhan Rumah Warga Rusak

Angin kencang yang melanda sejumlah wilayah di Bangka Tengah (Bateng), Sabtu (13/8/2022), mengakibatkan sedikitnya 14 rumah rusak.

Editor: suhendri
Dok. Kepala Desa Ranggas/Salam
RUMAH RUSAK - Rumah warga di Desa Ranggas, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan, rusak akibat diterjang puting beliung, Senin (13/8/2022). Secara keseluruhan ada sekitar 70 rumah yang rusak akibat bencana alam tersebut. 

KOBA, BABEL NEWS - Angin kencang yang melanda sejumlah wilayah di Bangka Tengah (Bateng), Sabtu (13/8/2022), mengakibatkan sedikitnya 14 rumah rusak.

Empat belas rumah tersebut tersebar di empat desa/kelurahan.

"Dari pendataan sementara kami, ada 7 rumah di Desa Perlang, 3 rumah di Desa Trubus, 2 rumah di Dusun Aik Risi, Kelurahan Padang Mulia, dan 2 rumah di Desa Penyak yang rusak," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Tengah, Yudi Sabhara.

Yudi mengaku, pihaknya telah melakukan tindakan cepat. Salah satunya, memberi bantuan terpal untuk dijadikan penutup sementara atap rumah-rumah warga yang rusak akibat diterjang angin kencang tersebut.

"Kemudian, kami bersama Dinsos juga sudah mendata apa-apa saja yang akan dibutuhkan ke depannya untuk membantu warga terdampak," ujar Yudi.

Di Desa Ranggas, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), bencana puting beliung diserta hujan deras merusak puluhan rumah warga.

Kepala Desa Ranggas, Salam, memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pada Sabtu (13/8/2022) sekitar pukul 13.00 WIB tersebut.

Namun, terdapat sekitar 70 rumah warga yang mengalami kerusakan.

"Kurang lebih 15 menit angin puting beliung terjadi. Anginnya kencang sekali, jadi warga kami panik dan keluar rumah. Melihat kondisi rumah, ada sebagian atapnya melayang-melayang, terjatuh ke tanah karena dihantam angin," kata Salam kepada Bangka Pos.

Pihak desa bersama pemerintah daerah setempat telah memberikan bantuan kepada masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan.

"Tadi ada bantuan dari Dinsos Bangka Selatan yang datang memberikan bantuan. Ini kami masih merekap dan mendata jumlah rumah warga yang rusak akibat kejadian siang tadi," tutur Salam. (u2/v1)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved