Kabar Bangka

Rp10 Miliar Perluas TPA Kenanga

Pemerintah Kabupaten Bangka sudah mengusulkan anggaran sekitar Rp10 miliar ke pemerintah pusat untuk membantu perluasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Edwardi
Bupati Bangka Mulkan didampingi Kepala DLH Kabupaten Bangka Meina. 

SUNGAILIAT, BABEL NEWS - Pemerintah Kabupaten Bangka sudah mengusulkan anggaran sekitar Rp10 miliar ke pemerintah pusat untuk membantu perluasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kelurahan Kenanga Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka.

Pasalnya TPA yang ada saat ini hampir penuh, sedangkan volume sampah yang dibuang setiap hari semakin bertambah seiring bertambahnya jumlah penduduk dan pemukiman di Kecamatan Sungailiat dan sekitarnya.

"Untuk persoalan TPA sampah saat ini di Kelurahan Kenanga memang tidak terlalu luas. Kemarin sudah kita usulkan kepada pemerintah pusat untuk perluasan TPA dan kita usulkan untuk anggaran sekitar Rp10 miliar untuk perluasan TPA ini," kata Bupati Bangka Mulkan di sela kegiatan Jumat Bersih melakukan gotong-royong membersihkan semak belukar di halaman ruko di Jalan Jenderal Sudirman Sungailiat, Jumat (19/8).

Diakuinya, untuk menangani persoalan sampah ini memang dibutuhkan sarana dan prasarana yang baik, termasuk persiapan pembangunan TPA yang baru, karena TPA yang ada saat ini hampir penuh.

"Semoga tahun depan permohonan kita ini bisa dikabulkan pemerintah pusat," harap Mulkan.

Sementara itu Kepala DLH Kabupaten Bangka Meina Lina mengatakan, saat ini sudah mengusulkan ke Kementerian PUPR untuk membantu perluasan TPA ini untuk dibangun pada tahun 2023 nanti.

"Sedangkan dari Pemkab Bangka juga sudah bersedia membantu untuk biaya pembuatan DED dan dokumennya yang menjadi salah satu persyaratan untuk bisa membangun TPA ini," kata Meina Lina.

Dilanjutkannya, TPA baru yang akan dibangun ini letaknya bersebelahan dengan lokasi TPA yang lama dengan luas sekitar 1 Hektare (Ha). (edw)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved