Hujan dan Angin Kencang Intai Bangka Belitung

Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta

Editor: suhendri
Bangka Pos/Arya Bima Mahendra
ATAP RUSAK - Rumah warga di Desa Guntung, Koba, Bangka Tengah yang mengalami kerusakan pada bagian atap akibat diterjang angin kencang, Kamis (7/7) sore. 

JAKARTA, BANGKA POS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca, Rabu (24/8/2022).

Melansir laman resmi BMKG, daerah konvergensi terpantau memanjang di Samudra Hindia Barat Aceh hingga Sumatera Utara, di Sumatera Selatan hingga Bengkulu, di Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, di Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Ada beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Rabu (24/8/2022) hingga Kamis (25/8/2022). Salah satunya, wilayah Kepulauan Bangka Belitung.

Pada Rabu (24/8/2022), wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, dan Kalimantan Selatan.

Wilayah yang berpotensi angin kencang, yakni Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Utara.

Pada Kamis (25/8/2022), wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Lampung dan Banten.

Adapun wilayah yang berpotensi angin kencang, yakni Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Utara. (Tribunnews.com/Latifah)

Sumber: Bangka Pos
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved