Berita Bangka Tengah

Satlantas Bangka Tengah Tegur 36 Siswa Pengendara Berknalpot Brong

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Tengah memberikan teguran kepada 36 siswa SMPN 1 Lubuk Besar dan SMAN 1 Lubuk Besar, Selasa (30/8).

ist/Satlantas Polres Bateng
RAZIA KENDARAAN - Satlantas Polres Bateng saat melakukan razia kendaraan berknalpot brong di SMPN 1 Lubuk Besar dan SMAN 1 Lubuk Besar, Selasa (30/8). 

LUBUK BESAR, BABEL NEWS - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Tengah memberikan teguran kepada 36 siswa SMPN 1 Lubuk Besar dan SMAN 1 Lubuk Besar, Selasa (30/8). Para siswa ini kedapatan menggunakan motor berknalpot borong.

Kasat Lantas Polres Bateng, AKP Nannang Suwardi mengakui, ada beberapa jenis pelanggaran yang diberikan kepada para siswa ini. Mulai dari tidak mengunakan helm, pengendara motor yang masih di bawah umur, berboncengan lebih dari dua orang serta pengendara yang tidak memiliki surat-surat kelengkapan berkendara.

"Dari giat tersebut, ada 26 berkas teguran yang kami layangkan kepada 26 siswa SMAN 1 Lubuk Besar karena menggunakan knalpot brong. Lalu, 10 berkas teguran serupa juga dilayangkan kepada 10 siswa di SMPN 1 Lubuk Besar," kata Nannang.

Nannang berujar, 36 siswa yang terjaring dalam giat Dakgar tersebut diminta membuat surat pernyataan untuk tidak melakukan pelanggaran lalu lintas. Selanjutnya, surat pernyataan tersebut dibawa ke Satlantas Polres Bateng dengan didampingi oleh orangtua yang bersangkutan.

"Untuk sementara tindakan yang kami berikan baru berupa teguran saja. Tapi nanti kalau masih melanggar, maka akan kami tilang bila perlu dilakukan penahanan terhadap kendaraannya," ucapnya.

Menurut Nannang, hal tersebut dilakukan untuk mengurangi jumlah laka lantas dan pelanggaran lalu lintas di Bateng. Pasalnya, dia menilai, para siswa tersebut masih sangat muda dan berada pada usia produktif sehingga sangat disayangkan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Ini adalah tugas kita bersama, termasuk para orang tua, guru dan kepala sekolah agar ikut memberikan teguran dan imbauan kepada siswa agar mematuhi peraturan dan keselamatan berlalu lintas," ungkapnya.

Dirinya juga mengimbau agar saat berkendara, masyarakat senantiasa memakai helm, menggunakan motor standar dan membawa surat-surat berkendara. "Jangan lupa juga untuk selalu mengecek kondisi kendaraan sebelum berpergian kemana-mana dan pastikan kondisi tubuh sedang fit ketika sedang mengemudi," jelasnya. (u2)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved