Berita Bangka Barat

Penambahan Kasus Covid-19 di Bangka Barat, Delapan Pasien Masih Isoman

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat menyatakan adanya penambahan tiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayahnya, Kamis (1/9).

Bangka Pos/Arya Bima Mahendra
Pegawai Dinkes Bangka saat menjalani skrining Covid-19, Jumat (4/2/2022). 

MUNTOK, BABEL NEWS - Satuan Gugus Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat menyatakan adanya penambahan tiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayahnya, Kamis (1/9). Dengan penambahan ini, total ada delapan pasien Covid-19 yang masih menjalani isolasi mandiri di kediamannya masing-masing.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Babar, Achmad Nursandi mengatakan, delapan orang yang terpapar Covid-19 ini, rata-rata berusia lanjut. "Iya, ada penambahan tiga orang Covid-19. Setelah sebelumnya lima orang yang menjalani isolasi mandiri. Jadi ada delapan orang, mereka isoman di kediamannya masing-masing," kata Achmad Nursandi.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan dan melaksanakan vaksinasi Covid-19 sampai dosis ketiga atau booster. "Untuk penindakan pasien terkonfirmasi itu, tenaga kesehatan setempat telah melakukan penanganan lebih lanjut yang menjalani isolasi mandiri," jelasnya.

Diakuinya, untuk capaian vaksinasi Covid-19 di wilayahnya sudah mencapai 157.665 orang atau 87,76 persen untuk dosis pertama. Sedangkan, dosis kedua mencapai 129.157 orang atau 71,89 persen dan dosis ketiga 31,07 persen. "Dosis keempat baru mencapai 708 orang atau 57 persen. Untuk dosis keempat terus kami genjot kebetulan baru untuk nakes," ucapnya.

Tambah 4 kasus
Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka juga mencatat terjadi penambahan empat kasus baru pasien positif Covid-19 di wilayahnya, Kamis (1/9). Dengan perkembangan ini, jumlah kasus aktif positif Covid-19 di Kabupaten Bangka menjadi 16 orang.

Pasien yang terpapar Covid-19 itu, yakni MAM (3), laki-laki warga Desa Air Ruai Kecamatan Pemali, DN (33) perempuan, warga Desa Air Ruai Kecamatan Pemali, MSM (1 tahun 3 bulan) warga Desa Air Ruai Kecamatan Pemali, di mana ketiganya satu keluarga di mana saat ini menjalani isolasi mandiri (isoman). Sedangkan pasien keempat, yakni N (26), perempuan, warga Desa Kace Kecamatan Mendo Barat.

Juru Bicara Tim Satgas Penanganan Covid-19 Bangka, Boy Yandra mengatakan, 16 pasien aktif Covid-19 di Kabupaten Bangka ini tersebar, yakni 8 warga Kecamatan Sungailiat, 1 warga Kecamatan Belinyu, 1 warga Kecamatan Riausilip, 4 warga Kecamatan Pemali dan 2 warga Kecamatan Mendo Barat. "Jadi jumlah seluruh kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka tercatat 12.100 orang, dengan pasien kesembuhan ada 11.685 orang dan meninggal dunia ada 399 orang," ujar Boy.

Ia mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan menerapkan protokol kesehatan jika hendak beraktivitas di luar rumah. "Bila anda merasa sakit demam segera berobat ke pelayanan kesehatan guna mengantisipasi apakah anda ada kemungkinan terpapar virus Covid-19 atau penyakit lainnya," jelasnya.

Boy meminta kepada masyarakat yang belum divaksin agar mendatangi gerai-gerai vaksin yang sudah disiapkan Pemkab Bangka, Polres Bangka dan TNI agar segera tercapai herd Immunity atau kekebalan kelompok. "Semoga Kabupaten Bangka bisa kembali lagi ke zona aman atau zona hijau," harapnya. (ynr/edw)

UPDATE COVID-19
Positif: 7.067 kasus
Sembuh: 6901 orang
Perawatan: 8 orang
Meninggal dunia: 160 orang
Sumber: Satgas Penanganan Covid-19 Babar

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved