Kabar Bangka

Polman Babel Tuan Rumah Pembekalan Mahasiswa Vokasi ke Taiwan

Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Negeri Babel) menjadi tuan rumah dalam kegiatan pembekalan dan pelepasan mahasiswa vokasi.

Editor: Rusaidah
Istimewa/Dok. Polman Babel
Direktur Polman Negeri Babel I Made Andik Setiawan memberikan motivasi kepada peserta awardee. 

SUNGAILIAT, BABEL NEWS - Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Negeri Babel) menjadi tuan rumah dalam kegiatan pembekalan dan pelepasan mahasiswa vokasi lolos program Indonesian International Mobility Awards for Vocational Students (IISMAVO) 2022 dengan tujuan negara Taiwan.

Agenda penyelenggaran kegiatan ini dalam rangka pembekalan Pre-departure Briefing dan pelepasan Awardee Taiwan Batch 2 kepada 71 mahasiswa vokasi secara zoom online pada 31 Agustus 2022.

Kali ini Tim IISMAVO menunjuk Polman Negeri Babel melalui Tim Pusat Karir dan Kerja Sama Polman Negeri Babel untuk melaksanakan acara pembekalan dan pelepasan program IISMAVO tujuan Taiwan dengan menundang beberapa narasumber.

Di antaranya Ichwan Joesoef selaku Kabid Pariwisata dan Perhubungan KDEI Taipei, Clara Lavita Angelina seorang dosen yang sedang melanjutkan pendidikan Doktoral di NTU-Yuntech Taiwan untuk ikut membagikan pengalaman belajar dan aktifitasnya di Taiwan.

Selain menampilkan dua narasumber yang telah mengenal seluk beluk Taiwan, pembekalan ini juga menampilkan perwakilan orang tua awardee IISMAVO bernama Micha Kartini selaku orang tua Hanif Ayunda Safitri Haryanto Awardee IISMAVO yang akan kuliah satu semester di Asia University (AU) Taiwan.

Sebelum narasumber memberikan pembekalan kepada mahasiswa, acara terlebih dahulu dibuka oleh Ketua IISMAVO, Hilda Cahyani PhD yang memaparkan jumlah awardee IISMAVO tujuan Taiwan.

Pada pelepasan kali ini sejumlah awardee akan berkuliah di 10 universitas terkemuka di Taiwan yang dipilih melalui seleksi ketat.

Pada kesempatan ini Direktur Polman Negeri Babel, I Made Andik Setiawan memberikan motivasi dan pesan kepada para peserta awardee agar tetap jaga diri, jaga almamater dan yang terpenting jaga nama bangsa Indonesia.

"Jangan lupa minta doa dan izin ke orang tua, jaga nama baik, jangan pernah menyerah karena ini adalah awal dalam berjuang meniti karir, semuanya kan menjadi pengalaman adik-adik untuk menjadi baik di masa depan " ujar Made dalam sambutannya, Rabu (31/8).

Sebagai motivasi dan memberikan gambaran kuliah di luar negeri, Made juga menceritakan pengalamannya dalam menempuh pendidikan S3 di Austalia, banyak kisah dan pengalaman yang didapat termasuk diantaranya berbeda bahasa, budaya, makanan, bahkan jika di Taiwan tulisannya pun berbeda.

Selain itu, dia mengucapkan selamat kepada para awardee atas lolos di program IISMAVO, ini merupakan kesempatan dan tidak semua orang yang beruntung mendapatkan kesempatan kuliah atau magang di luar negeri yang dibiayai oleh negara.

"Melalui program ini mahasiswa dapat mendapatkan wawasan yang luas, bisa mengenal satu sama lain di berbeda negara, suatu saat nanti adik-adik mahasiswa ini yang menjadi pemimpin masa depan, gali lah ilmu, belajar di negeri orang," ujar Made.

Hal senada juga disampaikan Beny Bandanadjaja selaku Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengatakan para mahasiswa yang lolos sangat beruntung karena dimasa kuliah bisa belajar keluar negeri.

Menurutnya untuk mendapat tiket ke luar negeri melalui IISMAVO ini bukan merupakan proses yang mudah karena seleksinya dan persaingannya sangat tinggi dengan animo peminat terhadap program ini juga sangat tinggi.

Beny juga mengatakan agar setelah disana terus untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak di Taiwan seperti KDEI sebagai perwakilan Indonesia di Taiwan.

Acara pelepasan ini juga dihadiri oleh Pimpinan dan PIC PTPPV awardee Taiwan. Program IISMAVO kali ini meloloskan 71 mahasiswa pendidikan vokasi di Indonesia, dimana satu diantaranya berasal dari Polman Negeri Babel yaitu Hasya Akhlaqah Harmie yang akan berkuliah di Yuan Ze University Taiwan. (*/t3)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved