Kabar Pangkalpinang

Akademisi Prediksi Harga Bakal Naik, Antisipasi dengan Konsumsi Beras Lokal

Harga beras medium mulai mengalami kenaikan. Bahkan kenaikan ini sudah terjadi sebelum kenaikan bahan bakar minyak (BBM) beberapa hari lalu.

Editor: Rusaidah
Istimewa/Dok. Ari Agung Nugroho.
Dosen Manajemen FE UBB, Ari Agung Nugroho. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Harga beras medium mulai mengalami kenaikan. Bahkan kenaikan ini sudah terjadi sebelum kenaikan bahan bakar minyak (BBM) beberapa hari lalu.

Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung (UBB) Ari Agung Nugroho menyebut, sejumlah kebutuhan pokok atau pangan memang sektor yang paling terdampak akibat kenaikan BBM.

Bahkan kata Ari, beras yang sebelumnya sudah mengalami kenaikan bakal terus diperkirakan meningkat seiring dengan naiknya harga transportasi dan biaya produksi lainnya.

"Beras medium memang menunjukkan tren peningkatan meskipun tidak banyak tapi ini cukup menjadi perhatian sebab beras merupakan makanan pokok orang Indonesia yang harus ada setiap hari, jadi meskipun hanya naik seribu sampai dua ribu hal ini sangat dirasakan betul oleh masyarakat," ujar Ari.

Dengan demikian, menurutnya masyarakat Bangka Belitung harus bisa juga belajar mengonsumsi beras lokal Bangka Belitung sendiri sehingga harga pengiriman dari daerah luar yang mahal dapat ditekan.

"Sebetulnya beras lokal Bangka Belitung kita tidak kalah sama beras yang dari luar seperti cap sendok dan lainnya itu. Beras kita bagus, hanya saja suplai beras lokal di Bangka Belitung sendiri masih kurang nah ini kesempatan untuk kita beralih ke beras lokal saja," ucapnya.

Bahkan Ari mengatakan, banyak kebutuhan pokok lainnya seperti jagung, dan umbi-umbian lainnya yang masih bisa dikonsumsi untuk mensiasati harga beras yang naik.

"Memang betul orang Indonesia kalau belum makan nasi belum makan, tapi mungkin ini kesempatan untuk kita belajar menyukai makanan yang juga kayak akan karbohidrat dan sehat tentunya," tuturnya. (t2)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved