Berita Pangkalpinang

Puting Beliung Rusak 16 Rumah Warga Pangkalpinang, Riska Kaget Asbes Rumahnya Melayang

Hujan lebat disertai angin kencang memporak-porandakan beberapa atap rumah milik warga di RT 5 RW 2 Kelurahan Pintu Air.

Bangka Pos/Agis Priyani
MEMPERBAIKI RUMAH - Warga bergotong royong memperbaiki rumah warga Kelurahan Ampui, Kecamatan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Rabu (9/2/2022). Rumah tersebut rusak akibat diterjang angin puting beliung, Selasa (8/2/2022). 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Hujan lebat disertai angin kencang memporak-porandakan beberapa atap rumah milik warga di RT 5 RW 2 Kelurahan Pintu Air, Kota Pangkalpinang, Jumat (9/9) siang. Bahkan pecahan asbes yang jatuh di jalanan sempat membuat arus lalu lintas di kawasan ini terganggu.

Riska, pemilik rumah yang terkena musibah, mengaku terkejut dengan kejadian ini. Pasalnya saat kejadian, ibu satu orang anak ini sedang tertidur pulas. "Kaget pas kejadian itu sama anak lagi tidur, kondisinya angin kencang suara kencang atap melayang," ujar Riska.

Hal senada disampaikan warga lainnya, Iqbal (26). Ia mengatakan, baru kali ini wilayahnya dihantam angin kencang yang membuat sebagian rumah warga mengalami kerusakan. "Kalau angin biasa sering, tapi kalau sampai ngerusak rumah warga ini baru kali ini terjadi. Tadi ada sempat megang asbes nahan pas angin kencang, tapi bener angin itu kenceng jadi saya lepas dak berani," kata Iqbal.

Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Kedaruratan BPBD Kota Pangkalpinang, Renal mengungkapkan, setidaknya terdapat 16 rumah yang menjadi korban bencana puting beliung ini. "Saat ini masih terus dilakukan pendataan, ada tiga kelurahan yakni Pintu air, Sriwijaya dan Paritlalang yang terkena angin puting beliung ini, ada sekitar 16 rumah," ujar Renal.

Tak hanya bencana angin puting beliung, Renal mengatakan, untuk bencana banjir wilayah terdampaknya diketahui lebih luas lagi dibandingkan angin puting beliung. Dari data sementara setidaknya terdapat empat kecamatan dan 15 kelurahan yang terdampak banjir, setelah hujan mengguyur Kota Pangkalpinang sejak pukul 13.00 WIB.

BPBD Kota Pangkalpinang bersama dengan instansi terkait, sudah mulai memberikan sejumlah bantuan kepada para korban terdampak angin puting beliung dan banjir. "Tingkat kerusakan mulai dari ringan hingga sedang, rata-rata atap rumah yang melayang dan beberapa rumah yang terendam banjir. Saat ini kita berkoordinasi dengan Dinsos, melakukan pendataan dan memberikan bantuan bersifat sementara seperti seng dan asbes," ungkapnya. (riz)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved