Berita Bangka Barat

Pilkades Serentak di Bangka Barat Oktober 2022, Pemkab Siapkan 100.700 Surat Suara

Dinsospemdes Kabupaten Bangka Barat, mempersiapkan 100.700 surat suara sebagai kebutuhan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.

ist/DinsosPMD Bateng
ILUSTRASI NOMOR URUT PILKADES - Panitia Pilkades saat melakukan pengundian nomor urut calon Kades di Kantor Desa Kerakas, Sungaiselan, Bateng, Rabu (4/5). 

MUNTOK, BABEL NEWS - Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Kabupaten Bangka Barat, mempersiapkan 100.700 surat suara sebagai kebutuhan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang digelar pada Oktober 2022. Jumlah ini termasuk mengantisipasi surat suara rusak dan hal tak terduga lainnya.

Kabid Pemerintahan Desa Dinsospemdes Babar, Idza Fajri mengatakan, untuk tahapan Pilkades sendiri sudah dimulai sejak awal bulan September 2022. "Ada 100.700 surat suara dipersiapkan untuk sekitar 98 ribu warga di 55 desa di Babar. Mereka yang terdata sebagai daftar pemilih tetap (DPT) Pilkades serentak di Oktober ini," kata Idza Fajri, Senin (12/9).

Pihaknya juga bakal menyiapkan sebanyak 297 tempat pemungutan suara (TPS) disesuaikan dengan DPT yang telah ditetapkan. "Dari hasil DPT tersebut kami bisa melaksanakan tender surat suara, karena kita harus tahu berapa jumlah DPT. Untuk TPS sendiri sesuai dengan DPT plus 2,5 persen, totalnya ada 297 TPS," ujarnya.

Diakuinya, pihaknya sedang melakukan pelaksanaan tender pengadaan surat suara. "Sejauh ini sudah ditahapan pelaksanaan pengadaan alat pemilihan seperti surat suara. Kalau kampanye calon kades di tanggal 20-23 Oktober 2022," ucapnya.

Sebelumnya, sebanyak 230 calon kepala desa dari 55 desa yang bakal menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bangka Barat melakukan pengambilan nomor urut. Diketahui, para calon Kades yang berasal dari enam kecamatan ini, akan bertarung pada bulan Oktober 2022.

Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Babar, Idza Fajri mengatakan, saat ini sudah masuk tahapan penetapan dan pengundian nomor urut calon. "Sudah tahapan calon dan proses pengundian penetapan calon dilakukan masing-masing desa dilakukan oleh panitia pemilihan tingkat desa," kata Idza Fajri, Kamis (28/7).

Diakuinya, sebelum penetapan dan pengambilan nomor urut, bakal calon kades yang lebih dari lima orang dari 13 desa sudah dilakukan seleksi tambahan beberapa waktu lalu. "Kemarin itu bakal calon itu sekitar 261 calon. Kemudian disaring melalui seleksi tambahan menjadi sekitar 230 calon yang akan bertarung," ujar Idza

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan tahapan pemutakhiran data pemilih dan direncanakan rampung pada bulan September 2022. "Kalau paling dekat, pemutakhiran data pemilih atau penetapan data pemilih tiap orang berapa desa di Kabupaten Bangka Barat," ungkapnya.

Pihaknya juga akan menghitung jumlah tempat pemungutan suara (TPS) dari data pemilih. "Kalau untuk data pemilih itu KTP desa setempat. Estimasi hampir seperti Pilkada, kurang lebih ada sekitar 90 ribu sampai 100 ribu orang," ucapnya. (ynr)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved