Berita Kabupaten Bangka

Kelurahan Parit Padang Jadi Kampung Tertib Lalu Lintas

Bupati Bangka, Mulkan meresmikan Kelurahan Parit Padang sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas, Selasa (13/9).

Bangka Pos/Edwardi
KAMPUNG TERTIB LALU LINTAS - Bupati Bangka, Mulkan saat meresmikan Kelurahan Parit Padang sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas, Selasa (13/9). 

SUNGAILIAT, BABEL NEWS - Bupati Bangka, Mulkan meresmikan Kelurahan Parit Padang sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas, Selasa (13/9). Dalam kegiatan ini ditampilkan atraksi gerakan dasar mengatur lalu lintas oleh ibu-ibu Kampung Tertib Lalu Lintas Kelurahan Parit Padang.

Mulkan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung kegiatan-kegiatan di Kabupaten Bangka. "Terima kasih kepada Polres Bangka yang sudah menetapkan Kelurahan Parit Padang sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas, semoga ini bisa menjadi contoh atau role model bagi desa/kelurahan lainnya yang ada di Kabupaten Bangka," kata Mulkan.

Ia berpesan kepada Lurah Parit Padang, Sudirman agar menindaklanjuti, menjaga dan memelihara Gapura Tertib Lalu Lintas ini, serta selalu mengajak masyarakat dalam tertib berlalu lintas ini. "Karena keselamatan dalam berlalu lintas sangat penting bagi kita semua, sehingga Polres Bangka menyurvei dan mendata jumlah kendaraan yang melintas setiap hari meskipun jumlah penduduk atau arus kendaraan ramai, namun angka kecelakaan di kawasan ini rendah," ujar Mulkan.

Ia mengakui, ada lima faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan, yakni faktor pengendara (manusia), faktor arus lalu lintas, faktor infrastruktur jalan, faktor kendaraan dan faktor lingkungan. "Masih banyak anak-anak muda nongkrong malam-malam sambil ngetrek atau kebut-kebutan, sesekali perlu dirazia agar ada timbul efek jera," harapnya.

Wakapolres Bangka, Kompol R Wardhana mengakui, penetapan Kampung Tertib Lalu Lintas di Kelurahan Parit Padang ini dipilih berdasarkan data terkait jumlah kecelakaan lalu lintas selama 6 bulan terakhir. Khususnya di Jalan SDN 15 dalam enam bulan terakhir tidak ada terjadi kecelakaan lalu lintas dan dinilai patuh dalam menerapkan peraturan lalu lintas.

"Semoga dengan diresmikannya Kampung Tertib Lalu Lintas ini bisa menular ke kampung-kampung lainnya, sehingga menjadikan masyarakat Kabupaten Bangka bisa memiliki kesadaran lebih tinggi dalam berlalu lintas di jalan dan terciptanya budaya tertib lalu lintas," kata Wardhana. (edw)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved