Kabar Pangkalpinang

Akademisi Menilai Prospek Bisnis Online Menjanjikan

Di era digitalisasi, para pelaku usaha memungkinkan untuk tidak harus memiliki toko/ruko sebagai basisnya.

Editor: Rusaidah
Istimewa
Dosen Program Studi Bisnis Digital FE UBB Ryand Daddy Setyawan. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Di era digitalisasi, para pelaku usaha memungkinkan untuk tidak harus memiliki toko/ruko sebagai basisnya. Pasalnya saat ini toko online menjadi alternatif untuk memulai sebuah usaha.

Dosen Program Studi Bisnis Digital Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung (UBB) Ryand Daddy Setyawan menilai, peluang untuk memulai usaha secara online sangat ideal.

Menurutnya di era digital saat ini pelaku usaha online lebih diminati oleh masyarakat die era digital ini. Customer bisa dengan mudah dapat mengakses toko online tersebut, tanpa harus mendatanginya.

"Toko online menjadi alternatif untuk memulai sebuah usaha. Apalagi untuk para pemula. Ada baiknya belajar untuk memasarkan produk/jasanya secara online. Kunci keberhasilan suatu usaha itu tidak lepas dari strategi marketing yang dibuat secara online," kata Ryand.

Ia mengungkapkan, prospek bisnis online sangat menjanjikan sekarang, bahkan untuk kedepannya. Namun ada baiknya ia menyarankan untuk usaha yang menjual produk, suatu saat dibuat toko untuk menambah kepercayaan konsumen.

"Secara hitungan, usaha dengan cara online akan mendapat banyak kelebihan. Karena, hanya sedikit modal yang dikeluarkan. Tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat dan penganggaran operasional harian/bulanan yang sangat besar. Namun untuk menambah kepercayaan konsumen keberadaan toko atau ruko juga penting," ujarnya.

Dikatakan Ryand, para pebisnis online harus memastikan produk/jasa yang ditawarkan atau diberitakan kepada konsumen agar bisnis yang dijalani terus dilirik konsumen.

"Biasanya para customer akan membandingkan produk/jasa yang diterima dengan yang diiklankan. Pastikan agar produk ini sesuai dengan yang diterima oleh customer. Baik dari segi, kapasitas, berat, warna, ukuran dan durabilitynya. Apabila ekspektasi dari konsumen tadi sesuai, maka kepercayaan konsumen akan tetap terjaga," tuturnya. (t3)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved