BSU Tahap I Sasar 16.391 Pekerja di Bangka Belitung

Nama-nama calon penerima sudah dikirimkan ke Bank Himbara (BTN, Mandiri, BNI, dan BRI) pada 9 September 2022.

Editor: suhendri
DOK BANGKA POS
Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Elfiyena 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Sebanyak 75.653 tenaga kerja di Bangka Belitung tercatat sebagai calon penerima bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji tahun 2022 sebesar Rp600 ribu.

Data para calon penerima bantuan tersebut sudah diserahkan ke Kementerian Ketenagakerjaan.

"BSU itu datanya dari BPJS Ketenagakerjaan kepada kementerian. Kementerian memverifikasi dan memvalidasi kembali data tersebut, dihubungkan dengan bantuan lainnya. Berarti kalau sudah dapat subsidi lainnya, enggak dapat (BSU) lagi," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Elfiyena, Selasa (13/9/2022).

Elfiyena menyebutkan, jumlah pekerja di Babel yang akan menerima BSU tahap pertama sebanyak 16.391 orang.

Nama-nama calon penerima sudah dikirimkan ke Bank Himbara (BTN, Mandiri, BNI, dan BRI) pada 9 September 2022.

Selanjutnya, pekerja dipersilakan mengakses bsu.kemnaker.go.id atau bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id untuk mengetahui apakah namanya terdata sebagai penerima BSU.

Elfiyena menuturkan, apabila nama pekerja sudah terdata namun belum menerima BSU, hal ini kemungkinan disebabkan pekerja tersebut sudah menerima bantuan subsidi lainnya. "Atau mungkin KTP bermasalah, tidak terhubung secara nasional," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pangkalpinang, Agus Theodorus Parulian Marpaung, memastikan, pekerja yang tidak memiliki rekening bank yang tergabung dalam Himbara tetap bisa menerima BSU.

"Untuk yang di luar Himbara dan BSI bisa melakukan update nomor rekening (membuka nomor rekening salah satu bank Himbara). Kemudian, nomor rekening bank Himbara itu nanti melalui HRD perusahaan untuk dilaporkan secara kolektif ke BPJS Ketenagakerjaan. Atau alternatif lain dapat mengajukan pencairannya melalui Kantor Pos," tutur Theo.

Sebelumnya, dia mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja/Buruh, kriteria calon penerima BSU adalah WNI yang dibuktikan dengan NIK, peserta aktif di BPJamsostek sampai dengan 31 Juli 2022.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved