Berita Bangka Tengah

3 Bulan, Bateng Didominasi Curat, AKP Wawan: Efek Perekonomian Melemah

Kasus pencurian dengan pemberatan (curat) menjadi perkara yang paling banyak ditangani oleh Polres Bangka Tengah selama tiga bulan terakhir.

KOBA, BABEL NEWS - Kasus pencurian dengan pemberatan (curat) menjadi perkara yang paling banyak ditangani oleh Polres Bangka Tengah selama tiga bulan terakhir. Hal ini disampaikan Kasat Reskrim Polres Bateng, AKP Wawan Suryadinata, Jumat (16/9).

Wawan membenarkan, selama tiga bulan terakhir ada beberapa kasus yang cukup menonjol. Salah satunya adalah masalah asusila yang mana ada pelaku dan korban yang merupakan anak di bawah umur sehingga kerap menjadi atensi banyak pihak.

Meski demikian, curat adalah kasus yang paling banyak terjadi yang mana sebagian besar TKP-nya berada di wilayah Kecamatan Koba dan Kecamatan Lubuk Besar. "Tapi hampir di seluruh kecamatan juga ada (kasus curat-red)," kata Wawan.

Menurutnya, banyaknya kasus curat akhir-akhir tidak terlepas dari efek perekonomian yang melemah. "Kemungkinan juga ini terjadi karena BBM naik dan harga timah yang saat ini sedang turun," tambahnya.

Pasalnya, kebanyakan pelaku tindak pidana curat tersebut berprofesi sebagai buruh harian lepas yang biasanya bekerja sebagai penambang timah ataupun buruh di perkebunan sawit. Lebih lanjut, Wawan berujar bahwa kasus-kasus curat mulai mencuat pada pertengahan tahun, tepatnya pada bulan Juli.

Diakuinya, fenomena maraknya kasus curat akhir-akhir ini bukan hanya terjadi di wilayah hukum Polres Bangka Tengah saja, melainkan juga terjadi di polres yang ada di kabupaten lainnya. "Di Polres lain pun perkara curat ini sedang meningkat. Justru kalau kita bandingkan, di Polres Bateng ini masih sedikit," jelas Wawan.

Ia menjelaskan, memang jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kasus curat yang ditangani oleh Polres Bangka Tengah mengalami peningkatan yang cukup drastis. Kata Wawan, untuk periode Januari-September tahun 2022 ini saja, jumlah kasus curat yang tercatat sudah melebih jumlah kasus pada periode Januari-Desember tahun 2021.

"Tapi kita berdoa dan berharap, semoga kasus curat maupun kasus kriminal lainnya bisa berkurang, bila perlu jangan ada lagi," pungkasnya.

Kondisi serupa juga dialami di Kabupaten Bangka Selatan. Sejak awal Juni hingga Agustus 2022, kasus pencurian dengan pemberatan (curat) menjadi kasus tertinggi ditangani Polres Basel.

Kasat Reskrim Polres Basel, AKP Chandra Satria Adi Pradana mengakui, pihaknya telah mengungkap beberapa kasus selama tiga bulan terakhir. "Kalau kita lihat dari jumlah pengungkapan kasus tiga bulan terakhir kasus curat, yang paling tertinggi sebanyak delapan kasus berhasil kita ungkap," kata Chandra.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved