Berita Bangka Barat

Persiapan KONI Jelang Porprov 2023, Bangka Barat Maksimalkan Semua Cabor

KONI Kabupaten Bangka Barat menargetkan semua cabang olahraga (Cabor) dapat mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI pada 2023.

istimewa
ILUSTRASI - Pertandingan uji coba tim sepak bola Putri Kabupaten Bogor menatap Porprov XIV Jawa Barat 2022 

MUNTOK, BABEL NEWS - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bangka Barat menargetkan semua cabang olahraga (Cabor) dapat mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI pada 2023. Diketahui, Babar sebagai tuan rumah, harus memaksimalkan semua cabornya untuk ikut berpartisipasi.

Ketua KONI Babar, Amin mengatakan, saat ini semua cabor masih menjalani training center (TC) untuk mempersiapkan para atletnya. "Kita masih melihat dulu, inikan lagi TC. Semua cabang olahraga sedang TC, ada TC lokal dan ada juga TC di luar seperti renang, bulutangkis," kata Amin, Sabtu (17/9).

Ia belum bisa memastikan berapa atlet yang ikut berlaga di Porprov mendatang. Lantaran masih menunggu hasil TC terpusat terlebih dahulu. "Semua cabor berusaha full, kalau full ada 520 atlet. Sementara ini data kami ada 420 atlet, yang menentukan nanti hasil TC terpusat," ujarnya.

Diakuinya, persiapan para atlet sekarang ini sudah mencapai sekitar 70 persen. "Sekitar 70 persen, makanya kami lakukan TC berjalan dulu, lihat sampai di mana. TC tahap pertama, tahap dua, dan terpusat," ucapnya.

Ia berharap, para atlet lebih memfokuskan dan berlatih dengan sungguh-sungguh guna bisa meraih prestasi terbaik untuk wilayahnya. "Harapan saya diberikan kesehatan supaya bisa berjalan maksimal di Porprov mendatang. Agar bisa meraih prestasi yang diharapkan pemerintah kabupaten," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bangka Barat melaksanakan tes parameter pada 360 calon atlet dari 20 cabang olahraga (Cabor) di Gedung Graha Aparatur Kompleks Perkantoran Terpadu Pemkab Babar, Kamis (28/7) dan Minggu (31/7). Hal ini sebagai bentuk persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI tahun 2023 di Kabupaten Babar.

Kegiatan ini juga bekerja sama dengan KONI Sumatera Selatan lantaran memiliki background menangani kontingen atlet di Sea Games, ASEAN Games. Termasuk, melibatkan tim teknis terdiri dari 20 orang guru olahraga se-Kecamatan Muntok.

Wakil Ketua II Bidang Prestasi KONI Babar, Bambang Setiabudi mengatakan, tes parameter menjadi awal pengukuran fisik atlet. "Outputnya nanti ada rekomendasi dari tim penguji kepada seluruh Cabor by name by atlet. Ini kondisinya seperti apa, termasuk rekomendasi sesuai cabornya," kata Bambang Setiabudi, Senin (1/8).

Menurutnya, KONI Babar juga menyiapkan pusat pelatihan kabupaten (Puslatkab) tahap I dalam menyambut Porprov IV Juli 2023. "Kegiatan ini akan berjalan dengan tiga kali pertemuan maksimal dalam satu minggu. Setelah itu pada bulan Januari hingga Maret 2023 dilaksanakan lagi Puslatkab tahap II, dan April hingga Juni Puslatkab terpusat," ujarnya.

Diakuinya, untuk mendukung program tersebut, para atlet harus menjalani tes parameter guna mengetahui kondisi mereka. Hasilnya, akan menjadi pegangan pelatih per Cabor saat menyusun program pelatihannya. "Sehingga di bidang pembinaan prestasi dan teman-teman Pengcab, terlebih pelatih cabang olahraga itu punya dasar awal yang terukur. Itu fungsinya tes parameter," ujarnya.

Bambang mengatakan, hasil test parameter dari masing-masing atlet akan diketahui empat hari kemudian. "Ada 11 item yang dilakukan test parameter. Untuk mengukur kondisi terkini. Tetapi dari hasil sementara kemarin ada beberapa Cabor yang dianggap memang atletnya tidak memungkinkan," ucapnya. (ynr)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved