Breaking News:

Kabar Belitung

Sehari Butuh 10 Kantong Darah, Trombosit Hanya Tahan Lima Hari

PMI Belitung mencatat terjadinya peningkatan permintaan trombosit darah seiring bertambahnya kasus demam berdarah dengue (DBD).

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Adelina Nurmalitasari
Herlina, seorang pendonor darah saat selesai mendonorkan darahnya di PMI Kabupaten Belitung. 

TANJUNGPANDAN, BABEL NEWS - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Belitung mencatat terjadinya peningkatan permintaan trombosit darah seiring bertambahnya kasus demam berdarah dengue (DBD). Peningkatan permintaan trombosit ini mulai terjadi sekira akhir Agustus.

"(Permintaan trombosit) banyak. Kemarin saja dalam satu hari butuhnya 10 kantong," kata Kepala Bidang Teknis Transfusi Darah PMI Kabupaten Belitung Hawani, Rabu (14/9).

Ia menjelaskan, saat ini ketika ada donor darah langsung dibuat untuk trombosit sebagai antisipasi kebutuhan pasien DBD. Meski begitu jumlah pembuatan trombosit harus dipertimbangkan karena masa simpannya hanya lima hari.

"Kalau dibuat tapi tidak sesuai permintaan sayang karena darahnya tidak terpakai dan kantong penyimpanannya terbuang begitu saja," kata dia.

Apalagi, lanjut Hawani, pembuatan trombosit hanya bisa dilakukan dari darah yang baru di donor. Makanya meskipun stok darah di PMI banyak, namun stok yang masuk dalam lemari penyimpanan tak bisa digunakan untuk membuat trombosit.

Makanya, ia pun meminta pendonor agar dapat mendonorkan saat ada pasien yang memang sedang membutuhkan trombosit darah.

"Dari waktu darahnya ada sampai ke hasil trombosit harus menunggu dua jam. Prosesnya semua di PMI karena sudah ada alat pembuatan trombosit," katanya.

Proses donor darah di PMI juga terus berlangsung setiap harinya. Terlihat beberapa pendonor juga datang langsung ke kantor PMI di Jalan Sudirman, Pangkalalang, Tanjungpandan.

Guru sekolah Herlina juga tampak melakukan donor darah. Menurutnya, ia rutin melakukan donor sekitar 3-6 bulan sekali.

"Sudah biasa, jadi rutin donor. Senang saja bisa bantu orang yang memang membutuhkan darah, bersyukur kalau sudah dipakai," ujar wanita bergolongan darah A ini. (del)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved