Kabar Pangkalpinang

Akademisi Sebut Sepeda Listrik Bukan Sekadar Lifestyle Tapi Transportasi Alternatif

Tren penggunaan sepeda listrik (selis) kini tidak hanya disewakan di tempat keramaian sebagai spot foto untuk sosial media saja.

Editor: Rusaidah
Istimewa/Dok. Darman Saputra
Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung (UBB) Darman Saputra. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Tren penggunaan sepeda listrik (selis) kini tidak hanya disewakan di tempat keramaian sebagai spot foto untuk sosial media saja.

Namun, selis kini diminati semua kalangan menjadi alat transportasi pengganti motor yang lebih ramah lingkungan dan aman untuk digunakan.

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung Darman Saputra menyebut, popularitas sepeda motor listrik pun semakin meningkat berkat sosial media lantaran banyak warganet yang membagikan pengalaman mereka mengendarai kendaraan yang satu ini.

Kata Darman, sepeda motor listrik sendiri bukan cuma sekadar lifestyle yang berkembang berdasarkan tren. Namun, kendaraan ini juga memiliki dampak positif bagi lingkungan dan juga menjadi alternatif transportasi lain ditengah kenaikan harga BBM.

"Akan tetapi tren penggunaan sepeda listrik akan berkembang jika sarana dan prasarana sudah memadai. Pasalnya, kunci minat bersepeda masyarakat adalah kenyamanan infrastruktur jalannya," jelasnya.

Apalagi menurutnya, harga sepeda listrik terbilang cukup terjangkau bagi masyarakat Babel. Hal ini dibuktikan semakin banyaknya penjualan sepeda listrik di pasaran.

"Selaian saran dan prasarana yang harus ditingkatkan bagi kemudahan para pengguna sepda listrik, perlu juga edukasi bagi masyrakat tetap menjaga keselamatan selama berkendara," tuturnya.

Dia menuturkan, sepeda listrik ini memang transportasi pilihan pengganti ditengah naiknya harga BBM. Namun, perlu juga pendukung seperti pengisian ulang baterai agar mempermudah penggunanya.

"Kalau kendaraan bermotor itu kemungkinan bisa diganti dengan sepada motor listrik, Tapi harus ada juga sarana dan prasaran pendukung misalnya pengisian ulang batre motor listriknya, atau kawasan untuk mencarger sepeda listrik," sebutnya. (t2)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved