Kabar Belitung Timur

Indahnya Bukit Samak, Ada Spot Foto Hingga Wisata Heritage

Sekarang ini kondisi Bukit Samak ini sudah jauh berubah. Saat ini Bukit Samak menjadi salah satu destinasi baru di Belitung Timur.

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Disa Aryandi
Panorama keindahan area wisata Bukit Samak Manggar, Kabupaten Belitung Timur. 

MANGGAR, BABEL NEWS - Sebagian orang mungkin sudah mengenal Bukit Samak A1 yang berada di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Tempat ini merupakan area Rumah Dinas Bupati Belitung Timur.

Sekarang ini kondisi Bukit Samak ini sudah jauh berubah. Dulu hanya dikenal sebagai rumah dinas kepala daerah saja, dan sangat jarang orang ke lokasi ini. Namun saat ini Bukit Samak menjadi salah satu destinasi baru di Belitung Timur.

Tidak sedikit warga lokal, wisatawan saat ini berkunjung ke Bukit Samak. Di tempat ini kalian bisa menikmati pemandangan perairan Belitung Timur yang sangat indah dari ketinggian.

Di area ini pula sudah dilengkapi dengan berbagai kursi dan meja untuk bersantai. Ada replika kerbau, replika perahu kater, tulisan bukit samak berukuran besar, plang jarak ke berbagai negara hingga monumen gerhana matahari total.

Tentunya berbagai objek tersebut sekarang ini menjadi spot foto. Selain itu, bagian dari tangga menuju pintu depan Rumah Dinas Bupati Belitung Timur ini dibuka, dan bisa dijadikan tempat spot foto dengan latar rumah peninggalan zaman timah.

Sebetulnya lokasi Bukit Samak ini sudah lama dijadikan tempat wisata. Namun orang lebih banyak mengenal area ini sebagai kawasan haritage, lantaran banyak rumah-rumah tua berada di area tersebut.

Kepala Dinas Pariwasata Kabupaten Belitung Timur Evi Nardi mengatakan, area Bukit Samak sudah mulai dirintis menjadi tempat wisata sejak tahun 2010.

Inspirasi tempat ini dijadikan lokasi wisata, lantaran ada peninggalan rumah petinggi timah. Rumah tersebut berstatus cagar budaya.

"Makanya kami angkat tentang hrritagenya dan menjadi lokasi wisata heritage. Termasuk Sekolah Stania," kata Evi Nardi kepada Bangka Pos Group, Senin (19/9).

Namun dengan kondisi pariwisata di Belitung Timur semakin berkembang, objek wisata di area tersebut pula digarap oleh pemerintah daerah.

Sejak tahun 2017 atau setelah gerhana matahari total, area ini dibangun berbagai objek foto. Kalau pertama objek yang dibuat adalah monumen gerhana matahari total.

"Sejak itu kesininya semakin dikembangkan, dan tahun ini atau tidak tahun depan masterplan untuk pengembangan kawasan itu sudah jadi. Nah konsepnya wisata tracking dan heritage," bebernya. (tas)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved