Pangkalpinang Butuh 21 Anggota Panwascam, Pendaftaran pada 21-27 September 2022

Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Pangkalpinang akan membuka pendaftaran calon panitia pengawas kecamatan pada 21 September 202

Editor: suhendri
Bangka Pos/Akhmad Rifqi Ramadhani
Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang Ida Kumala. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pangkalpinang akan membuka pendaftaran calon panitia pengawas kecamatan (panwascam) pada 21 September 2022. Hal tersebut untuk menyukseskan Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang Ida Kumala mengatakan, pendaftaran dan penerimaan berkas calon anggota panwascam akan berlangsung selama tujuh hari, mulai 21-27 September 2022.

Calon pendaftar bisa mendapatkan informasi lebih lengkap melalui https://pangkalpinangkota.bawaslu.go.id/seleksi-panwascam-pemilu-2024/.

Adapun anggota panwascam yang akan diterima sebanyak 21 orang.

Mereka bakal disebar di tujuh kecamatan di Pangkalpinang. Masing-masing kecamatan akan memiliki tiga anggota panwascam.

"Saat ini sosialisasi perekrutan panwascam Pemilu 2024," kata Ida kepada Bangka Pos, Minggu (18/9/2022).

Dia menambahkan, sosialisasi tersebut dilakukan melalui berbagai media.

Warga diharapkannya peduli terhadap kualitas demokrasi sehingga tertarik dan ikut mendaftarkan diri sebagai calon anggota panwascam.

"Siapa pun bisa mendaftar dan mempunyai kesempatan yang sama karena kita akan transparan," ujarnya.

Ida menjelaskan, berdasarkan pedoman penerimaan panwascam, dalam perekrutan kali ini ada jalur afirmatif sebesar 30 persen untuk keterwakilan perempuan.

"Laki-laki maupun perempuan semuanya bisa mendaftar. Perempuan juga sangat kita dukung agar melalui jalur ini (afirmatif-- red)," tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, perekrutan panwascam diatur dalam Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 314/hk.01.00/k1/09/2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan dalam Pemilu Serentak Tahun 2024.

Pelantikan dan pembekalan terhadap panwaslu kecamatan dijadwalkan pada 26-28 Oktober 2022.

Ida menyebutkan, panwascam bertugas mengawasi penyelenggaraan pemilu di tingkat kecamatan guna memastikan tidak ada pelanggaran tahapan pemilu dan juga mencegah praktik politik uang dalam pemilu. (v2)

Sumber: Bangka Pos
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved