Kabar Pangkalpinang

Diskominfo Dukung Akses Internet Gencarkan Bangga Buatan Indonesia

Pemerintah turut melibatkan peran serta dinas terkait, satu di antaranya peran Kominfo dalam mempromosikan produk UMKM.

Editor: Rusaidah
DOK BANGKA POS
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sudarman. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Dalam mengakselerasikan Gerakan Nasional BBI ini, pemerintah turut melibatkan peran serta dinas terkait, satu di antaranya peran Kominfo dalam mempromosikan produk UMKM.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sudarman menuturkan, dalam mendukung Gerakan Nasional BBI ini, Diskominfo turut gencar membantu penyebarluasan informasi melalui saluran yang dimiliki, antara lain web, media sosial dan radio (in radio 97.6 FM).

Sementara untuk jaringan konektivitas, dikatakan Sudarman saat ini terdata sekitar 2,63 persen wilayah di Pulau Bangka Belitung di beberapa titik desa masih blank spot, seperti di Kabupaten Bangka ada 28 titik, Bangka Tengah ada 28 titik, Bangka Barat 16 titik, Bangka Selatan 14, Belitung 2 titik dan Belitung Timur 15 titik.

"Usaha-usaha yang selama ini kita lakukan untuk jaringan konektivitas ini melalui kerja sama dengan provider untuk memperkuat sinyal, menyurati Bakti Kemenkominfo untuk pendirian BTS dan pemberian internet ke beberapa desa untuk tahun ini sudah mulai direalisasi di beberapa titik. Dan kita sudah mengajukan kembali titik-titik yang belum tersedia internet. Adanya peralihan status dari 4G ke 5G untuk ibukota kabupaten," kata Sudarman.

Tak hanya itu untuk dukungan pariwisata, saat ini Diskominfo Bangka Belitung juga menyediakan 14 titik akses internet di daerah wisata.

Dikatakan Sudarman, dalam mendukung program pemerintah saat ini pihaknya menargetkan pada tahun 2024 mendatang seluruh wilayah di Bangka Belitung bisa terjangkau akses internet yang baik.

"Mengingat Kepulauan Bangka Belitung memiliki banyak pulau maka covering area sulit ditaksir, tapi untuk Pulau Bangka dan Belitung kita targetkan 2024 internet bisa menjangkaunya sehingga bisa mendukung program pemerintah untuk mengakselerasikan UMKM go digital," tuturnya. (t3)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved