Kabar Pangkalpinang

PT Timah Gelontorkan CSR Rp15,9 Miliar

PT Timah Tbk secara konsisten dan berkelanjutan menyalurkan Coorporate Social Responsibility (CSR) bagi masyarakat di wilayah operasional.

Editor: Rusaidah
Istimewa/PT Timah
PT Timah Tbk menyerahkan bantuan ke Raudhatul Athfal Kemuning. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - PT Timah Tbk secara konsisten dan berkelanjutan menyalurkan Coorporate Social Responsibility (CSR) bagi masyarakat di wilayah operasional. Semester satu tahun 2022, Emiten Berkode TINS ini telah menggelontorkan dana CSR sebesar Rp15,957 miliar.

Penyaluran CSR yang dilakukan PT Timah Tbk meliputi tiga sektor utama yakni tanggung jawab sosial dan lingkungan, Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK).

Program ini disalurkan ke wilayah operasional seperti Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Kepulauan Riau Provinsi Riau dan nasional.

Program CSR ini kemudian diimplementasikan dalam beberapa bidang seperti kesehatan, lingkungan, ekonomi, pemberdayaan masyarakat, peningkatan infrastruktur dan pendidikan.

Adapun program CSR yang dilakukan PT Timah di antaranya, jaminan sosial untuk nelayan, kelompok rentan dan disabilitas,

Program Kelas Beasiswa di SMAN 1 Pemali, pengembangan kompetensi dan kapasitas pemuda, peningkatan infrastruktur dan sosial kemasyarakatan, mobil sehat, peningkatan kapasitas masyarakat adat 'Orang Lum', peningkatan kapasitas mitra binaan dan program tanggap bencana.

Selain itu juga dilaksanakan program, fishing ground dan coral garden, eco village Sri Menanti, penanaman mangrove dan pemberdayaan masyarakat masyarakat dengan menanam nanas badau di lahan bekas tambang.

Untuk mendorong pengembangan UMKM, PT Timah Tbk menyalurkan dana PUMK, program peningkatan alat produksi UMKM, pengembangan kompetensi dan kapasitas pelaku UMKM.

Dalam menyalurkan CSR-nya, PT Timah Tbk juga mendorong pengembangan ekonomi masyarakat sesuai dengan potensi yang dimiliki. Seperti yang dilakukan di Dusun Air Abik, Desa Gunung Muda, Kabupaten Bangka.

Selain mendorong pelestarian tradisi Orang Lum, PT Timah Tbk juga memberikan pelatihan batik eco print bagi kelompok perempuan untuk mendorong perekonomian.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan mengatakan, penyaluran bukan hanya sekadar merealisasikan tanggung jawab perusahaan, melainkan peran PT Timah Tbk untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan sosial ekonomi masyarakat.

"CSR PT Timah Tbk dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga program ini dilakukan secara simultan mulai yang diharapkan dapat memberikan dampak sosial ekonomi masyarakat," katanya dalam rilis kepada Bangka Pos Group, Selasa (20/9).

Lebih lanjut, Anggi menyampaikan dalam penyaluran CSR PT Timah Tbk kerap memberikan bantuan produktif sehingga dapat dikembangkan masyarakat seperti bantuan alat tangkap, bantuan alat pertanian, bantuan mesin bagi UMKM dan bantuan lainnya.
Dengan bantuan produktif diharapkan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat. Selain itu ada bantuan infrastruktur fasilitas umum seperti rumah ibadah dan lainnya.

"PT Timah Tbk adalah bagian dan masyarakat dan hingga saat ini PT Timah Tbk tumbuh di tengah-tengah masyarakat, sehingga kita terus berupaya untuk memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat Indonesia umumnya dan masyarakat di wilayah operasional perusahaan khususnya," tambahnya. (*/t2)

 

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved