Nama 28 Warga Pangkalpinang Dicatut Parpol

Nama 28 warga yang melapor itu masuk dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol)

Editor: suhendri
Bangka Pos/Akhmad Rifqi Ramadhani
Ketua KPU Kota Pangkalpinang, Fenti. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Sebanyak 28 warga menyampaikan aduan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang karena nama mereka tercantum sebagai anggota partai politik (parpol).

Nama 28 warga yang melapor itu masuk dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Padahal, mereka tak pernah merasa menjadi anggota suatu partai politik.

Pengaduan itu masuk saat tahapan klarifikasi tanggapan masyarakat termin pertama yang berlangsung pada 1 Agustus-14 September 2022.

Ketua KPU Kota Pangkalpinang, Fenti, mengatakan, para pelapor tersebut berasal dari latar belakang yang berbeda, mulai dari aparatur sipil negara (ASN), tenaga honorer, pegawai swasta, hingga masyarakat biasa. Mereka tersebar di beberapa kecamatan di Pangkalpinang.

"Jadi, mereka melakukan pengecekan di Sipol dan terdaftar di salah satu partai politik, dan mereka tidak merasa jadi anggota partai. Kemudian, mereka melaporkan ke KPU untuk dihapuskan," katanya, Rabu (21/9/2022).

Setelah menyampaikan pengaduan, pelapor diminta membuat surat pernyataan bahwa dia tidak menjadi anggota salah satu parpol.

Selanjutnya, KPU langsung berkoordinasi dengan parpol yang bersangkutan.

"Pelapor dan parpol kita panggil, baru selanjutnya tindak lanjut dilakukan oleh parpol untuk menghapus nama tersebut," ujar Fenti.

Lebih lanjut, dia mengatakan, saat ini sedang berlangsung tahapan klarifikasi tanggapan masyarakat termin kedua. Tahapan tersebut dimulai pada 15 September hingga 12 Oktober 2022.

Dengan demikian, masyarakat masih bisa melapor jika terdapat pencatutan nama sebagai anggota parpol.

"Jadi kami mengimbau kepada masyarakat agar melakukan pengecekan NIK pribadi. Dan jika tercantum sebagai keanggotaan parpol tetapi tidak merasa tergabung silakan laporkan ke kami," kata Fenti.

Adapun pengecekan nomor induk kependudukan (NIK) dapat dilakukan melalui https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik. (v2)

Sumber: Bangka Pos
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved