Kabar Belitung Timur

Desa Buding Tampil 11 Motif Batik di Ajang Fashion Show Batik Belitung Timur

Sebanyak 11 motif batik yang menjadi ciri khas Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur akan diperagakan pada ajang Fashion Show Batik.

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Vine Febriani
Pengrajin batik yang aktif di Desa Buding melakukan proses pengukiran motif di sebuah kain. 

MANGGAR, BABEL NEWS - Sebanyak 11 motif batik yang menjadi ciri khas Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur akan diperagakan pada ajang Fashion Show Batik memperingati Hari Batik Nasional yang diselenggarakan pada 6 Oktober 2022 di Auditorium Zahari MZ Manggar, Belitung Timur.

Motif tersebut terdiri dari motif tarsius, batang rembuding, bunga karang, pucuk iding-iding, jamur, lada, perahu kater, tombak raja Buding, jembatan Buding, kantong semar dan rusa.

"Kami persiapkan semaksimal mungkin di event ini, supaya batik kami bisa dikenal oleh banyak orang," kata Kepala Desa Buding Mardini kepada Bangka Pos Group, Rabu (21/9).

Kerajinan batik ini merupakan kreativitas warga dan merupakan wadah untuk menuangkan ukiran indahnya alam dan budaya Desa Buding di sebuah kain, sehingga bisa menjadi pakaian yang memiliki nilai seni tinggi.

Pada tahun 2015 lalu, PKK Desa Buding bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Belitung Timur melaksanakan pelatihan membatik yang pesertanya terdiri dari TP PKK Desa Buding dan anak-anak karang taruna.

Sehingga di tahun 2017, Pemerintah Desa Buding menganggarkan biaya untuk pelatihan penguatan sumber daya manusia (SDM) serta anggaran untuk bahan-bahan, sehingga terbentuklah sanggar pengrajin batik ini yang terletak di samping Kantor Desa Buding.

Namun, sanggar batik ini sempat mandek di masa pandemi Covid-19 selama dua tahun.

"Alhamdulillah sekarang dengan segala upaya saya selaku kades dan dukungan pemda serta masyarakat Desa Buding sudah aktif kembali," ujar Mardini.

Ia berharap, dengan adanya pengrajin batik ini bisa meningkatkan perekonomian ibu-ibu PKK Desa Buding dan berharap batik khas Desa Buding lebih dikenal lagi di kalangan masyarakat baik lokal maupun nasional. (mg1)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved