Berita Bangka Tengah

Nama Masuk Bakal Calon Wabup Bangka Tengah, Gerindra Rekomendasikan Irham

Partai Gerindra memberikan rekomendasinya kepada Muhammad Irham untuk maju sebagai bakal calon Wakil Bupati Bangka Tengah.

ist/Dok Tim Koalisi PAW Wabup Bateng
SURAT REKOMENDASI - Bacawabup Bateng asal Gerindra, M Irham (baju putih dua dari kiri) bersama pengurus partai Gerindra lainnya saat menunjukkan surat rekomendasi DPP Partai Gerindra kepada tim koalisi PAW Wabup Bateng, Rabu (21/9). 

KOBA, BABEL NEWS - Partai Gerindra memberikan rekomendasinya kepada Muhammad Irham untuk maju sebagai bakal calon Wakil Bupati Bangka Tengah. Diketahui, M Irham merupakan kader sekaligus pengurus Partai Gerindra Babel.

Ketua Tim Koalisi Pengganti Antar Waktu (PAW) Wabup Bateng, Suwarno membenarkan jika sudah menerima satu nama bakal calon Wabup Bateng yang berasal dari partai Gerindra. Menurutnya, yang bersangkutan juga menunjukan surat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra tentang pencalonan dirinya sebagai calon Wabup Bateng.

"Setahu saya beliau (M. Irham-red) ini pengurus Gerindra di tingkat Babel. Dan kalau saya liat dari profilnya, beliau ini juga pernah jadi Ketua KNPI Babel," kata Suwarno, Rabu (21/9).

Diketahui, partai koalisi 'Beriman' yang mengusung Algafry Rahman-Herry Erfian yakni Golkar, Nasdem, Gerindra, PAN, PKB, PKS dan PPP melakukan rapat dan mencapai beberapa kesepakatan terkait pengisian kursi Wabup Bateng pengganti Herry Erfian. Kesepakatan tersebut antara lain adalah setiap partai hanya boleh mengusulkan satu nama calon yang harus disertai dengan surat rekomendasi dari DPP Pusat masing-masing partai.

Kemudian, diberikan rentan waktu selama tiga minggu terhitung sejak saat itu agar setiap partai pengusung melengkapi surat rekomendasi tersebut. "Untuk batas waktu tiga minggu tersebut akan selesai pada hari Jumat. Dan memang sampai saat ini baru ada satu nama calon yang masuk," ujar Suwarno.

Diakuinya, jika sampai hari Jumat nanti nama calon lainnya masih belum ada, maka pihaknya akan memberikan waktu tambahan selama satu minggu kepada enam partai lainnya untuk mengusulkan nama calon.

"Dan kalau memang di rentan waktu seminggu itu masih tidak ada nama calon lain, maka nanti akan kami rapatkan lagi bersama dengan partai koalisi. Karena tidak mungkin kalau calonnya hanya satu," jelasnya.

Selain itu, nanti juga akan dibahas terkait persyaratan untuk calon Wakil Bupati Bateng, baik itu persyaratan umum maupun persyaratan khususnya. "Jadi tadi Pak Irham baru menunjukan surat rekomendasi dari pusatnya karena itu yang penting, bukan dokumen persyaratannya," ujarnya.

Suwarno menjelaskan, meski sudah mempunyai surat rekomendasi dari DPP, tapi tidak melengkapi persyaratan lainnya, maka bisa saja nama yang sudah diusulkan tersebut gugur.

Selanjutnya, jika memang nanti jumlah calon yang ada sudah melebihi satu orang, maka barulah akan digodok kembali oleh partai koalisi untuk memilih dua orang yang kemudian diserahkan ke Bupati Bangka Tengah. "Tapi kalau proses menggodoknya berlangsung alot, bisa jadi juga nanti nama yang diserahkan ke Bupati lebih dari dua orang, karena itu tergantung dari hasil pembahasan partai koalisi," katanya.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved