Kabar Bangka

Pelajar SMAN 1 Simpang Rimba Field Trip ke Polman Babel

Sejumlah 122 siswa-siswi dan 45 guru pendamping SMA Negeri 1 Simpang Rimba mengunjungi Kampus Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

Editor: Rusaidah
Istimewa/Dok. Polman Babel
Perwakilan guru dan siswa SMA Negeri 1 Simpang Rimba mengunjungi Kampus Polman Negeri Babel. 

SUNGAILIAT, BABEL NEWS - Sejumlah 122 siswa-siswi dan 45 guru pendamping SMA Negeri 1 Simpang Rimba mengunjungi Kampus Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Negeri Babel) di Kawasan Industri Air Kantung, Sungailiat, Kamis 22 September 2022.

Kunjungan dari pelajar kelas XII tingkat akhir ini merupakan agenda melaksanakan kegiatan belajar di luar kelas atau studi lapangan yang lebih dikenal dengan kegiatan field trip dengan tujuan ke perguruan tinggi yang ada di Bangka Belitung.

Wakil Kepala SMAN 1 Simpang Rimba Bidang Kurikulum M Tayib Farkani mengatakan, tujuan kegiatan kunjungan ke Polman Negeri Babel sebagai bentuk pembelajaran di luar kelas bagi siswa dalam rangka memberikan pengetahuan tentang lembaga perguruan tinggi yang akan menjadi pilihan para siswa kejenjang pendidikan yang lebih tinggi nanti.

Ia melanjutkan agenda ke Polman Negeri Babel merupakan kegiatan field trip pertama dalam rangka kunjungan kampus di Bangka Belitung, sebelumnya kegiatan field trip dari SMAN 1 Simpang Rimba dilaksanakan ke tempat bersejarah.

"Kali ini kami membawa para siswa - siswi untuk belajar diluar kelas dengan tujuan ke perguruan tinggi yang ada di pulau Bangka, Polman Negeri Babel merupakan kunjungan pertama agenda ke kampus " ujar Tayib.

Kenapa pilihan kunjungan ke Kampus Polman Negeri Babel, Tayib menyebutkan sejauh ini para siswa - siswi SMAN 1 Simpang Rimba masih sedikit yang melanjutkan kuliahnya ke Polman Negeri Babel, bisa jadi karena belum mengenal Polman Negeri Babel secara langsung termasuk suasana kampusnya.

"Harapan kami setelah para siswa kelas XII ini lulus, Polman Negeri Babel merupakan salah satu pilihan untuk melanjutkan kuliah, dan kami berharap banyak siswa kami yang akan diterima di sini," kata Tayib.

Lanjutnya, di Bangka Belitung sudah tersedia berbagai kampus yang bagus untuk melanjutkan kuliah, kegiatan seperti field trip ini dengan tujuan perguruan tinggi di Pulau Bangka akan memberikan kesempatan para siswa untuk kuliah di tempat sendiri, tanpa harus merantau diluar Bangka Belitung.

"Cari lah informasi sebanyak-banyaknya tentang Polman Negeri Babel saat keliling kampus nanti sebagai bahan pertimbangan kalian nanti setelah lulus, " ujarnya.

Kunjungan rombongan SMAN 1 Simpang Rimba disambut oleh Kasubbag Perencanaan dan Kerjasama Juanda mengucapkan selamat datang di Polman Negeri Babel yang sebelumnya merupakan Polman Timah.

Juanda mengatakan banyak di masyarakat termasuk di sekolah-sekolah menyebutkan Polman itu Polman Timah, padahal Polman Timah saat ini sudah menjadi perguruan tinggi negeri pada tahun 2010 yang menjadi Polman Negeri Babel.

"Polman Negeri Babel merupakan salah satu pendidikan tinggi vokasi yang konsentrasi kepada manufaktur, memiliki dua jurusan yaitu jurusan teknik mesin dan jurusan teknik elektronika dan informatika," ujarnya.

Selain menjelaskan profil Polman Negeri Babel yang disampaikan oleh Juanda, agenda kunjungan juga dilaksanakan keliling Kampus Polman Negeri Babel untuk melihat fasilitas kampus seperti, laboratorium, bengkel, wokshop yang akan didampingi oleh mahasiswa dan pranata laboratorium.

Juanda menyampaikan kepada para siswa untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya kepada pemadu atau pendamping dari mahasiswa nantinya. (*/t2)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved