Berita Pangkalpinang

Perubahan Polres Pangkalpinang Menjadi Polresta, Target Tiap Kecamatan Punya Polsek

Kepolisian Resor Pangkalpinang berencana membangun Polsek di setiap kecamatan di wilayahnya.

Bangka Pos/Rizky Irianda Pahlevy
POLRES PANGKALPINANG NAIK TIPE - Pengendara sepeda motor melintas di depan kantor Polres Pangkalpinang, Senin (12/9/2022). Kepolisian Resor Pangkalpinang kini naik tingkat dari tipe D menjadi tipe C. Statusnya pun berubah menjadi Kepolisian Resor Kota Pangkalpinang. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Kepolisian Resor Pangkalpinang berencana membangun Polsek di setiap kecamatan di wilayahnya. Hal ini dilakukan pascapenetapan Polres Pangkalpinang menjadi Polresta (Polres Kota) atau naik ke tipe C.

Kapolres Pangkalpinang, AKBP Dwi Budi Murtiono memastikan, akan memaksimalkan peran kepolisian, untuk menjaga keamanan di setiap wilayah di Kota Pangkalpinang. "Karena dengan naiknya tipe Polres mau gak mau nantinya setiap kecamatan punya Polsek, dengan begitu layanan Polri akan lebih menyentuh ke masyarakat. Sehingga program Presisi Polri, khususnya layanan prima kepada masyarakat bisa terwujud," ujar Dwi Budi, Jumat (23/9).

Diketahui, saat ini wilayah hukum Polres Pangkalpinang hanya terdapat tiga Polsek. Yakni Polsek Taman Sari, Polsek Bukit Intan dan Polsek Gerunggang. "Saat ini ada tiga Polsek yang menaungi tujuh kecamatan, untuk Polsek Bukit Intan saja wilayah hukumnya tiga kecamatan termasuk Rangkui dan Girimaya. Polsek Taman Sari juga sama Gabek dan Pangkalbalam juga masuk wilayahnya, hanya Polsek Gerunggang saja yang benar-benar satu kecamatan. Hal ini jadi target kita ke depannya, satu kecamatan itu ada satu Polsek," jelasnya.

Untuk merealisasikannya, pihaknya sudah membidik sejumlah lokasi untuk dapat dijadikan sebagai Polsek. "Untuk Polsek Taman Sari lahannya sudah disiapkan di kawasan Mandara, untuk Polsek Gabek bisa dibangun di kawasan Stadion Depati Amir. Untuk Polsek Gerunggang apabila pindah tempat bisa dibangun di kawasan Taman Dealova," ujarnya.

Selain itu diakuinya, untuk Polsek Pangkalbalam juga sudah mendapatkan lahan hibah dari Pemerintah Kota Pangkalpinang. "Untuk persiapan sudah kita komunikasikan dengan Pemkot Pangkalpinang, untuk sebagian sudah diberikan seperti untuk Pangkalbalam kita sudah diberikan tanah yang cukup untuk membangun Polsek," ucapnya.

Sedangkan, untuk Kecamatan Rangkui dan Girimaya, pihaknya kini masih mencari lahan yang sesuai untuk dapat dibangunnya Polsek di dua kecamatan tersebut. "Jadi dengan adanya perencanaan ini minimal ke depannya kita sudah gak bingung-bingung lagi untuk menempatkan kantor, posisi personel, dan segala macam," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepolisian Resor Pangkalpinang kini naik tingkat dari tipe D menjadi tipe C. Statusnya pun berubah menjadi Kepolisian Resor Kota Pangkalpinang.

Perubahan itu berdasarkan Surat Kapolri Nomor: B/7235/IX/OTL.1.1./2022/SRENA dan Keputusan Kapolri Kep/1151/VIII/2022 tentang peningkatan tipe Kepolisian Resor Pangkalpinang Menjadi Kepolisian Resor Kota Pangkalpinang Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung.

"Polres Pangkalpinang diketahui mendapatkan nilai 5.100 yang tentunya melebihi dari standar untuk naik tipe C dengan minimal nilai 4.300," kata Kepala Polres Pangkalpinang AKBP Dwi Budi Murtiono, Senin (12/9).

"Ada beberapa tools penilaian seperti luas wilayah, keramaian, tingkat kejahatan, dan lain-lain sudah di atas rata-rata. Jadi mungkin penangan kasus di polres tipe D mungkin sebulan hanya 30, tetapi kita bisa lebih dari itu. Lalu pelayanan lain, juga sudah melebihi standar tipe D," tutur Budi.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved