Berita Pangkalpinang

Polda Babel Siapkan ETLE Berjalan

Dirlantas Babel, Kombes Pol Juang Andi Priyanto mengatakan, Polda Babel belum dapat menerapkan ETLE mobile karena terkandala sarana dan prasarana.

Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
PELANGGAR LALU LINTAS - Petugas ETLE di Direktorat Lalu Lintas Polda Kepulauan Bangka Belitung menunjukkan pelanggar aturan lalu lintas yang tertangkap kamera pengawas di Pangkalpinang, Sabtu (26/3/2022). 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Sejumlah daerah di Indonesia, telah mulai menerapkan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mobile atau berjalan yang memiliki fungsi yang sama seperti ETLE kamera. Sistem tilang elektronik ini, merekam berbagai pelanggaran yang mungkin saja dilakukan para pengendara kendaraan bermotor.

ETLE mobile ini akan ditempatkan di seragam atau kendaraan petugas kepolisian. Sehingga ETLE mobile bersifat dinamis karena pergerakannya terus berubah dari satu tempat ke tempat lain mengikuti area patroli yang dilakukan petugas terkait.

Direktur Lalu Lintas Polda Babel, Kombes Pol Juang Andi Priyanto mengatakan, Polda Babel belum dapat menerapkan ETLE mobile karena terkendala sarana dan prasarana. "ETLE mobile masih menunggu dari Korlantas Polri, dari peralatan, sarana dan prasarana dari pusat yang mengadakan sendiri, karena biaya cukup tinggi," kata Juang, Jumat (23/9).

Namun diakui Juang, apabila pemerintah di Babel mampu untuk membiayainya, tentunya Polda Babel bakal segera menerapkannya. "Kecuali kalau ada dukungan Pemda, kalau tidak ada dukungan menunggu dari Mabes nanti gantian, itu sudah kami ajukan. Dari kendaraan sarana dan prasarana. Tetapi ada tidak nanti alatnya, kami melakukan pengenalan ke masyarakat, sehingga nanti tidak kaget," jelasnya.

Ia menjelaskan, untuk pelaksanaan tilang elektronik ETLE yang menggunakan kamera yang telah terpasang di empat titik di Kota Pangkalpinang, sejauh ini telah berjalan baik. "Sejauh ini bagus dengan pelanggaran ETLE, mereka langsung bayar tidak berlarut-larut. Tidak sampai dicabut registrasinya kami merasa mudah, tidak ada kendala selama ETLE yang berada di sejumlah titik," kata Juang.

Selain itu, Juang mengatakan belum ditemukan kendala kamera ETLE di Pangkalpinang yang rusak karena tersambar petir di saat musim penghujan seperti ini. "Kalau masalah petir dengan kamera ETLE belum ada, kamera yang tersambar petir. Tetapi kalau untuk sarana handy talky (HT) di Belitung ada kena petir," ujarnya.

Menurutnya, saat ini Ditlantas Polda Babel terus melakukan upaya pembenahan teknologi digital, dalam upaya untuk terus menyadarkan masyarakat agar selalu tertib berlalu lintas. "Evaluasi terus dilakukan terkait itu, kita juga menyarankan kepada masyarakat agar tidak parkir kendaraan sembarangan. Kepada pembangun jalan menyiapkan trotoar untuk pengguna jalan. Kemudian anak usia sekolah seperti SMP dan belum memiliki SIM jangan berkendara karena berisiko tinggi terjadi kecelakaan," jelasnya.

Untuk diketahui, empat titik yang telah dipasangi kamera pengawas ETLE di Kota Pangkalpinang yaitu di Simpang Empat Air Itam, Simpang Empat Semabung, Simpang Empat Ramayana dan di Simpang Tiga Transmart Pangkalpinang. (riu)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved