Kabar Pangkalpinang

Ribuan Umat Katolik Babel Ikuti Perayaan Ekaristi

Perayaan Ekaristi Hari Raya Misa umat Katolik Bangka Belitung (Babel) berlangsung khidmat di Gedung Olahraga (GOR) SMP Santa Theresia Pangkalpinang.

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Ahmad Rifqi Ramadhani
Perayaan Ekaristi Hari Raya Misa umat Katolik Bangka Belitung. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Perayaan Ekaristi Hari Raya Misa umat Katolik Bangka Belitung (Babel) berlangsung khidmat di Gedung Olahraga (GOR) SMP Santa Theresia Pangkalpinang, Jumat (23/9) malam.

Kegiatan diawali dengan penjemputan Uskup yang disambut melalui tarian Jawa. Setelahnya dilanjutkan prosesi penjemputan (arakan) imam atau pastor ke dalam ruangan sebagai pembuka.

Acara yang diikuti sekitar 1.500 umat Katolik dari berbagai wilayah Babel seperti Toboali, Koba, Sungailiat, Pangkalpinang hingga Muntok sangat lekat dengan kekhusyukan para umat yang hadir.

"Biasanya kegiatan ini kita laksanakan di gereja tapi karena banyaknya jamaah hadir, maka kegiatan dilaksanakan di sini supaya lebih luas," ucap Stefanus Tomeng selaku Bagian Panitia Bidang Humas.

Diketahui, perayaan Ekaristi dalam rangka mensyukuri ulang tahun Tabisanuskup yang ke-5 tahun dengan pemimpin misa yakni Uskup. Uskup sendiri diartikan sebagai pimpinan tertinggi dalam uskupan.

"Dengan kata lain ini sebagai syukuran ulang tahun sebagai perayaan iman umat Katolik, jadi kalau mereka merayakan Ekaristi maka sudah menyatu dengan Tuhan," jelas Stefanus.

Menurut Stefanus, Ekaristi sendiri merupakan perayaan terbesar dalam tingkatan ritual peribadatan dalam gereja Katolik.
Tak heran jika umat antusias mengikuti Ekaristi dari semua kalangan usia. Hal tersebut terlihat pula melalui penuhnya setiap sisi ruangan yang berkapasitas ribuan orang itu.

Pada kesempatan itu, pastor juga menyampaikan khotbah yang berisi pesan agar setiap orang hidup dalam kedamaian karena Allah tidak membedakan siapapun. (v2)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved