Berita Bangka Barat

Baru 68 Persen Pengemudi Bangka Barat Miliki SIM

Satlantas Polres Bangka Barat mencatat baru sekitar 68 persen masyarakat di wilayahnya yang memiliki surat izin mengemudi (SIM) hingga 2022.

ist/Humas Polres Babar
PEMBUATAN SIM - Personel Satlantas Polres Babar saat melaksanakan pembuatan SIM kepada warga di kantornya, beberapa waktu lalu. 

MUNTOK, BABEL NEWS - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Barat mencatat baru sekitar 68 persen masyarakat di wilayahnya yang memiliki surat izin mengemudi (SIM) sampai dengan tahun 2022. Hal ini disampaikan Kanit Regident Satlantas Polres Babar, Ipda Winda Widiastuti, Senin (26/9).

Winda mengakui, berdasarkan data, masyarakat Babar masih kurang sadar untuk melengkapi diri saat berkendara di jalan raya. "Masyarakat ini bukan tidak mau. Kemungkinan mereka tidak ada waktu karena bekerja. Kerja mereka di kebun dan nelayan dan pulangnya pada sore hari. Mungkin juga mereka berpikir kurang penting SIM ini," jelas Winda.

Ia memastikan, pembuatan SIM baru di Satlantas Polres Babar sudah mudah dan sama halnya dengan perpanjangan SIM. "Semuanya sudah mudah dan sudah bisa melalui online juga di manapun sudah bisa. Seandainya Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari luar bisa juga dipanjangan di manapun," katanya.

Dirinya menjelaskan, ada tiga tahapan untuk penerbitan SIM. Tahap pertama melengkapi persyaratan administrasi, kedua proses pendaftaran dan dilanjut dengan ujian teori. "Sebenernya menurut saya tes untuk pembuatan SIM tidak sulit sebagaimana dengan tata cara berkendara sehari-hari. Paling banyak pembuatan SIM C di Bangka Barat," ujarnya.

Pihaknya akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada di wilayahnya untuk mengedukasi masyarakat supaya memiliki surat izin mengemudi (SIM). "Kami sudah ada MoU dengan sekolah, diharapkan untuk adek-adek SMA sudah memiliki SIM dan harus menggunakan helm, komponen kendaraan harus lengkap, termasuk spion dan membawa STNK," ucapnya. (ynr)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved