Kabar Pangkalpinang

Kenali Perawatan Khusus Alergi Kulit, Ini Penjelasan Dokter Siloam Hospital Bangka

Reaksi alergi pada kulit seperti ruam, gatal-gatal dan kulit kemerahan cukup mengganggu penampilan.

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Sela Agustika
Bincang Sehat Bersama Bangka Pos, Selasa (27/9). 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Reaksi alergi pada kulit seperti ruam, gatal-gatal dan kulit kemerahan cukup mengganggu penampilan. Kondisi ini disebabkan karena tubuh tidak dapat merespon ketika bertemu zat alergen.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Siloam Hospital Bangka dr Vania Vashti Lasrindy mengungkap, ada banyak penyebab alergi yang terjadi pada seseorang, baik itu faktor genetik, makanan, obat-obatan hingga cuaca.

Ia menjelaskan, respon tubuh yang terjadi ketika seseorang alergi ini berbeda-beda mulai dari gejala ringan hingga gejala berat yang dapat menyebabkan mual, pusing hingga mengakibatkan seseorang pingsan.

"Jadi memang untuk alergi ringan ini hanya terjadi di seputaran kulit saja seperti gatal, ruam dan kemerahan. Sedangkan untuk yang berat dapat menyebabkan efek ke seluruh tubuh," jelas dr Vania saat Bincang Sehat Bersama Bangka Pos, Selasa (27/9).

Dikatakan dr Vania, orang-orang dengan tipe kulit sensitif lebih rentan atau mudah masuk zat-zat yang menyebabkan alergi dikarenakan pelindungan pada kulit yang tidak bagus. Sehingga membutuhkan perawatan khusus.

"Setiap hari kulit normal menghasilkan pelembab yang cukup. Semakin kesini banyak orang yang secara genetik menghasilkan pelembab sedikit dan kurang sehingga mudah alergi. Dimana untuk kulit sensitif ini memerlukan penanganan yang berbeda, harus ada perwatan lain baik itu sabunnya harus berpelembab," ujarnya.

Untuk mengetahui alergi pada seseorang, ia mengatakan langkah awal yang tepat dilakukan yakni menanyakan riwayat aktivitas pasien, namun secara berulang apabila kondisi tersebut tidak diketahui maka tindakan uang dapat dilakukan dengan pemeriksaan darah.

Ia menyarankan apabila sesorang mengalami gejala alergi untuk segera mengetahui faktor penyebab dan tidak menggaruk bagian yang gatal agar tidak terjadi iritasi berlebihan pada kulit.

"Apabila seseorang mengkonsumsi obat-obatan untuk tidak membuang resep obat agar diketahui apabila mengalami gejala alergi. Sedangkan orang yang alergi karena makanan harus menyediakan obat sesuai resep dokter apabila mengalami gejala alergi," paparnya. (t3)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved