Breaking News:

Pencegahan Stunting Bisa Dilakukan Sejak Masa Kehamilan

Kuncinya, yakni meningkatkan asupan gizi ibu hamil dengan makanan yang berkualitas baik.

Editor: suhendri
Bangka Pos/Cepi Marlianto
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Masagus M Hakim. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Stunting masih menjadi masalah penting yang harus segera diatasi.

Pasalnya, stunting atau kondisi gagal tumbuh yang diakibatkan oleh infeksi berulang dan kurangnya stimulasi psikososial pada 1.000 hari pertama umur anak, bisa menimbulkan gangguan fungsi tubuh yang permanen hingga anak dewasa.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Masagus M Hakim, mengatakan, pencegahan stunting sudah bisa dilakukan sejak masa kehamilan, mulai dari pemenuhan gizi saat hamil, serta memeriksakan kandungan empat kali selama masa kehamilan.

Kuncinya, yakni meningkatkan asupan gizi ibu hamil dengan makanan yang berkualitas baik. Zat besi dan asam folat adalah kombinasi nutrisi penting selama kehamilan yang dapat mencegah stunting.

"Kemudian menerapkan pola makan yang sehat dengan gizi yang seimbang ini perlu dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Menerapkan pola asuh yang baik, di mana keluarga sebagai tempat pertama tumbuh kembang anak," kata Hakim, Senin (26/9/2022).

"Pemberian ASI kepada bayi sejak dilahirkan sampai bayi berusia enam bulan, atau disebut dengan pemberian ASI eksklusif juga sangat penting," ujarnya.

Selain itu, sanitasi dan kebersihan air juga perlu diperhatikan. Sebab, sanitasi yang buruk mendekatkan balita pada risiko ancaman penyakit infeksi seperti diare dan cacingan yang dapat mengganggu pencernaan dalam proses penyerapan nutrisi.

Jika kondisi tersebut terjadi dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan stunting.

"Untuk itu, perlu membiasakan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta tidak buang air besar sembarangan," kata Hakim.

Pihaknya juga telah bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pranikah terhadap calon pengantin.

"Terpenting para orang tua maupun calon orang tua harus diberikan edukasi sejak dini mengenai pentingnya pemenuhan gizi yang baik saat hamil," tutur Hakim. (u1)

Sumber: Bangka Pos
  • Berita Populer

    Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved