Kabar Belitung

Pengrajin Bangka Belitung Kenalkan Wastra Tenun Cual

Pemilik Rumah Budaya Kabong Muhammad Hatta atau akrab disapa Hatta Kabong memperkenalkan wastra tenun cual pada pameran Kriyanusa.

Editor: Rusaidah
Istimewa/Dok. Hatta Kabong
Pelaku UMKM dan pengrajin Bangka Belitung saat menampilkan produk wastra. 

TANJUNGPANDAN, BABEL NEWS - Pemilik Rumah Budaya Kabong Muhammad Hatta atau akrab disapa Hatta Kabong memperkenalkan wastra tenun cual pada pameran Kriyanusa atau pameran kerajinan Nusantara.

Bersama pengrajin Bangka Belitung, ia turut menjadi pembicara talk show yang membahas informasi tenun cual, mulai dari sejarah hingga modernisasi yang dilakukannya.

"Aku bahas tentang sejarah tenun cual. Demo tenun cual bangka belitung, tentang kearifan lokal, sejarahnya, termasuk yang sekarang Hatta upgrade sulaman dan modernisasi peralatan tenun," katanya, Selasa (27/9).

Melalui gelaran Kriyanusa 2022 yang lalu, Hatta yang hadir bersama pelaku UMKM dan pengrajin seperti pemilik brand Batik D'Mahen yakni Mahendra, pemilik Ng'ruit Henny, dan pengrajin tenun cual Bangka Barat Magdalena. Mereka pun ikut dalam Kriyanusa sebagai perwakilan Dekranasda Belitung.

Senada dengan itu, pemilik brand Batik D'Mahen yakni Mahendra mengatakan booth dari Bangka Belitung juga beruntung karena dikunjungi oleh Pembina Dekranas yakni Iriana Joko Widodo.

"Dari seluruh peserta tidak semua dikunjungi dan dimasuki Ibu Iriana, Babel dikunjungi, beliau masuk ke stan kami, juga tertarik dengan kerajinan dan produk wastra Babel," ujarnya.

Dalam talkshow bersama pelaku UMKM dan pengrajin Bangka Belitung, Mahendra juga turut menjadi pembicara dan menyampaikan mengenai strategi UMKM menghadapi masa pandemi.

Ia pun bangga membawa produk batik Belitung miliknya yang bersanding dengan produk batik dari pengrajin batik Cirebon. (del)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved