Pemkot Pangkalpinang Lelang 3 Jabatan Kepala OPD

Fahrizal menyebutkan, ada beberapa persyaratan yang ditetapkan bagi para peserta seleksi terbuka jabatan tersebut.

Editor: suhendri
Bangka Pos/Cepi Marlianto
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Pangkalpinang, Fahrizal. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, membuka pendaftaran lelang jabatan untuk mengisi kekosongan jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) pada tiga organisasi perangkat daerah (OPD).

Ketiga jabatan tersebut yakni kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD), serta kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB).

"Mulai Senin (26/9) kemarin kita membuka pendaftaran sampai 30 September 2022," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDMD Kota Pangkalpinang, Fahrizal, Selasa (27/9/2022).

Fahrizal menuturkan, seleksi terbuka untuk tiga jabatan pimpinan tinggi pratama itu akan dilakukan menyusul telah diterimanya surat dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor B-3250/JP.00.00/09/2022 tentang Rekomendasi Rencana Seleksi Terbuka JPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang per tanggal 15 September 2022.

Seleksi tersebut juga telah diumumkan melalui surat pengumuman Nomor: 03/PANSEL JPTP/IX/2022 tentang Seleksi Terbuka JPTP di Lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang Tahun 2022 yang ditandatangani oleh ketua panitia seleksi (pansel), Radmida Dawam.

"Hal ini dalam rangka pengisian jabatan sebagai tindak lanjut amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dengan tetap memperhatikan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Jadi, kekosongan jabatan itu harus diisi sesuai dengan instruksi dari KASN," tutur Fahrizal.

Syarat peserta seleksi

Fahrizal menyebutkan, ada beberapa persyaratan yang ditetapkan bagi para peserta seleksi terbuka jabatan tersebut.

Persyaratan umum yakni PNS dengan usia maksimal 56 tahun pada saat diangkat dalam jabatan, penilaian prestasi kerja (SKP) paling kurang bernilai baik dalam 2 tahun terakhir, tidak pernah dipidana penjara karena melakukan tindak pidana korupsi, tidak sedang menjalani pemeriksaan dugaan pelanggaran disiplin atau sebagai tersangka atau terdakwa pelaku tindak pidana.

Persyaratan umum lainnya, tidak sedang dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat, mendapat persetujuan dari atasan langsung bagi PNS Pemerintah Kota Pangkalpinang, sedangkan bagi PNS dari luar harus mendapat persetujuan dari PPK, memiliki NPWP dan telah menyampaikan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak tahun 2021, telah melaporkan LHKPN dan LHKASN tahun 2021, sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkoba.

Adapun persyaratan khusus, yakni memiliki pangkat golongan minimal pembina atau IV a, memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah S1 atau diploma IV semua jurusan, sedang atau pernah menduduki jabatan administrator eselon III a paling singkat dua tahun atau eselon III b paling singkat tiga tahun, atau jabatan fungsional (JF) jenjang ahli madya paling singkat dua tahun, dan memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama lima tahun, telah mengikuti serta lulus diklat kepemimpinan tingkat II atau minimal diklat kepemimpinan tingkat III, kecuali JF jenjang ahli madya.

"Jadi jabatan setara sekretaris atau kepala bidang itu boleh dari dinas mana pun. Kalau baru dilantik terus ikut seleksi tidak bisa," ujar Fahrizal.

Informasi mengenai pendaftaran, formulir pendaftaran, dan format lampiran dapat dilihat melalui http://www.bkpsdmd.pangkalpinangkota.go.id. Setelah itu, pendaftar mengirimkan kembali formulir pendaftaran beserta seluruh lampiran dalam bentuk file berekstensi pdf ke email panseljpt.kotapkp@gmail.com.

"Formulir pendaftaran ditandatangani pelamar di atas materai Rp10.000 dengan melampirkan file kelengkapan berkas persyaratan administrasi yang sudah ditentukan," kata Fahrizal.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved