Kabar Pangkalpinang

Smansa Cerahkan Potensi Pertambangan Bangka Belitung

Mahasiswa Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung (ITB) melaksanakan sosialisasi di SMA Negeri 1 (Smansa) Pangkalpinang.

Editor: Rusaidah
Istimewa/Dok. SMAN 1 Pangkalpinang
Mahasiswa Teknik Pertambangan ITB saat sosialisasi di SMA Negeri 1 (Smansa) Pangkalpinang. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Mahasiswa Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung (ITB) melaksanakan sosialisasi di SMA Negeri 1 (Smansa) Pangkalpinang bertempat di lapangan sekolah, Rabu (28/9).

Kegiatan ini dilakukan untuk memperkenalkan siswa mengenai lingkup pertambangan serta pendekatan dengan kenyataan bahwa Pulau Bangka Belitung yang mereka tinggali selama ini menyimpan banyak potensi termasuk di bidang pertambangan itu sendiri.
Kegiatan ini bertujuan memacu siswa untuk lebih mengenali pertambangan agar dapat memanfaatkan potensi di Bangka Belitung dengan maksimal di masa depan.

Kegiatan tersebut diisi oleh tiga mahasiswa sebagai pemateri. Dengan topik 'Endapan Pasir Kuarsa di Bangka Belitung', masing-masing dari mereka memaparkan isi materi tersebut dengan penjelasan yang mudah dimengerti.

Diselingi ice breaking, sosialisasi tersebut berhasil menarik perhatian para siswa. Informasi yang disampaikan selama sesi materi cukup beragam dan informatif, dimulai dari informasi dasar mengenai pertambangan, karakteristik dari endapan pasir kuarsa dan kemungkinan pemanfaatannya sebagai bahan baku sel panel surya.

Darrel Akbar Aristo, satu diantara mahasiswa pemateri menilai bahwa informasi-informasi yang didapatkan dari kegiatan seperti ini merupakan informasi yang jarang didapatkan di kelas formal atau pembelajaran pada umumnya.

Menurutnya informasi yang seperti inilah yang justru lebih membantu siswa untuk memahami situasi di jenjang perkuliahan atau lebih jauh seperti dunia industri nantinya. Dengan adanya sesi ini diharapkan agar para siswa untuk mencari lebih dalam mengenai materi yang telah disampaikan dan memiliki gambaran bagaimana di masa yang akan datang mereka dapat melakukan sesuatu untuk daerah asal mereka dari potensi-potensi yang ada secara bijak.

Kegiatan ini juga memberikan manfaat berupa bekal pengetahuan untuk siswa/i kelas X yang akan menjalankan projek tentang 'Gaya Hidup Berkelanjutan'. Nantinya para siswa kelas X harus melakukan penelitian terhadap kegiatan pertambangan. Sehingga sedikit banyaknya sosialisasi ini membantu dalam menambah pengetahuan untuk projek tersebut.

"Materi dari kakak-kakak ini menjadi bekal untuk projek selanjutnya. Jadi siswa kelas X lebih terbuka dan mendapat bayangan seperti apa kegiatan pertambangan di Bangka Belitung. Harapan saya dengan datangnya mahasiswa ITB ini dapat menjadi motivasi untuk menjadi manusia yang berjiwa pembelajar dan dapat meraih cita-citanya sesuai dengan yang diminati serta dapat membangun Bangka Belitung terutama kegiatan pertambangan di Bangka Belitung," ucap Meryani, Guru Mata Pelajaran Geografi sekaligus Wali Kelas X. (*/t3)

 

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved