Pemkot Pangkalpinang-Unmuh Bangka Belitung Kerja Sama Kuatkan SDM

Rektor Unmuh Bangka Belitung Fadillah Sabri mengatakan, pihaknya sebenarnya telah bersinergi dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam berbagai hal

Editor: suhendri
Bangka Pos/Cepi Marlianto
TANDA TANGANI MOU - Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang Radmida Dawam bersama Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung Fadillah Sabri menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) di gedung Rektorat Unmuh Bangka Belitung, Kamis (29/9/2022). 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Pemerintah Kota Pangkalpinang menggandeng sejumlah perguruan tinggi, salah satunya Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung, untuk penguatan sumber daya manusia (SDM) melalui tridarma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara kedua belah pihak berlangsung di lantai empat gedung Rektorat Unmuh Bangka Belitung, Kamis (29/9/2022).

"MoU ini banyak manfaatnya baik untuk masyarakat maupun Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam pengembangan sumber daya manusia," kata Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang Radmida Dawam usai penandatanganan MoU.

Radmida menambahkan, adanya kesepakatan tersebut akan sangat membantu dalam pembangunan daerah mengingat peran akademisi merupakan salah satu sektor penting.

"Bahkan, seperti kita ketahui perguruan tinggi atau Universitas Muhammadiyah di Indonesia sangat luar biasa dan sangat diminati para pelajar sehingga banyak program yang bisa dikerjasamakan dengan pemerintah," ujarnya.

"Ini menandakan adanya keinginan atau kerja sama dari Unmuh Bangka Belitung kepada Pemerintah Kota Pangkalpinang yang nanti akan ditandatangani di kantor Wali Kota Pangkalpinang oleh Pak Wali Kota," tutur Radmida.

Rektor Unmuh Bangka Belitung Fadillah Sabri mengatakan, pihaknya sebenarnya telah bersinergi dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam berbagai hal, terutama sektor pendidikan dan rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (RPPLH).

Hanya saja, lanjut dia, hal itu belum teradministrasi secara legal melalui MoU.

Dengan demikian, semua kegiatan yang telah dilakukan antara kedua belah pihak selama ini tidak menjadi nilai tambah untuk kampus.

Namun, MoU yang baru ditandatangani tersebut diharapkan bisa meningkatkan nilai tambah bagi Unmuh Bangka Belitung.

"Sebenarnya kita sudah bersinergi, hanya saja belum teradministrasi. MOU inilah untuk melegalkan, karena kalau ada kegiatan apa pun tidak akan menambah nilai untuk kampus," kata Fadillah Sabri.

Dia menyatakan, pihaknya siap membantu Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam mewujudkan sektor pembangunan.

Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung siap membantu dalam proses revitalisasi Sungai Rangkui dan Alun-alun Taman Merdeka. Dua sektor itu menjadi muka di Kota Pangkalpinang sehingga harus tertata rapi.

"Nanti dinas-dinas itu kan bisa langsung ke program studi itu. Contoh, kemarin dimintai bantuan oleh Pangkalpinang untuk amdal," ujar Fadillah Sabri. (u1)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved