Berita Pangkalpinang

Pemkot Pangkalpinang Beli Tiga Ambulans Baru

Pemerintah Kota Pangkalpinang mengucurkan dana sekitar Rp1,7 miliar untuk membeli tiga unit mobil ambulans.

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Pemerintah Kota Pangkalpinang mengucurkan dana sekitar Rp1,7 miliar untuk membeli tiga unit mobil ambulans yang akan dioperasikan secara gratis bagi warga setempat. Dari pantauan, ketiga ambulans dengan warna putih motif garis merah itu sudah terparkir rapi di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang sejak beberapa hari lalu.

Kepala Dinkes Pangkalpinang, dr Masagus M Hakim mengatakan, biaya pembelian tiga unit ambulans ini berasal dari dana alokasi khusus atau DAK tahun anggaran 2022. "Pembelian tiga unit ambulans ini dari dana alokasi khusus tahun 2022 dengan total anggaran Rp1,7 miliar," kata Hakim, Jumat (30/9).

Ia menjelaskan, dibelinya tiga unit ambulans itu sebagai bentuk meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan dan pelayanan publik bagi masyarakat. Selain itu, karena terdapat beberapa ambulans lama sudah banyak yang rusak. Bahkan saat ini masih digunakan di beberapa puskesmas yang ada di daerah itu.

Menurutnya, dalam waktu dekat tiga unit ambulans itu akan dipusatkan di beberapa puskesmas yang ada. Terutama untuk dijadikan kendaraan operasional selama 24 jam dalam melayani masyarakat.

Diakuinya, hal ini sebagaimana arahan dari Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk sektor kesehatan. "Tiga unit ambulans ini nantinya akan digunakan untuk operasional di Puskesmas yang ada di Kota Pangkalpinang. Karena saat ini beberapa unit ambulans kita sudah tak layak pakai," jelas Hakim.

Ia menjelaskan, tiga unit ambulans yang dianggarkan tahun ini, ukurannya juga lebih besar dari pada ambulans yang sebelumnya. Di mana, bodi tiga unit mobil ini lebih luas, bahkan diklaim menjadi ambulans dengan kualitas naratama atau Very Important Person (VIP).

Selain mengantar pasien rujukan dari Puskesmas, ambulans itu nantinya dapat digunakan masyarakat yang kurang mampu untuk mendapat rujukan berobat ke luar Pulau Bangka. Sehingga keluarga pasien dapat lebih leluasa untuk menemani kerabatnya yang tengah sakit.

"Ambulans sudah sekelas VIP dan merupakan pesanan khusus Pak Wali Kota Pangkalpinang, terutama agar bisa digunakan untuk membawa pasien rujukan keluar Bangka," ungkapnya.

Hakim berharap, dengan adanya tiga mobil ambulans itu dapat mempermudah petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan. Dalam pelaksanaannya fasilitas pelayanan ambulans gratis ini diutamakan bagi warga yang tidak mampu.

Pihaknya ingin pelayanan kesehatan dapat semakin membaik, karena memang selama ini salah satu kendala dalam antar jemput pasien yaitu soal ambulans. Sehingga masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan pelayanan fasilitas ambulans gratis ini dengan maksimal.

"Semoga apa yang telah dikerjakan pemerintah kota dengan memperjuangkan tiga unit mobil ambulans di Kota Pangkalpinang ini bisa memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat," pungkas Hakim. (u1)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved