Kabar Pangkalpinang

Pangkalpinang Mulai Memasifkan Batik Ecoprint

Batik ecoprint kini kian mendunia, batik dengan mencetak motif aneka macam daun, bunga, dan batang pohon ini semakin diminati.

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Andini Dwi Hasanah
Batik ecoprint yang dipajang di Galeri Dekranasda Pangkalpinang. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Batik ecoprint kini kian mendunia, batik dengan mencetak motif aneka macam daun, bunga, dan batang pohon ini semakin diminati.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pangkalpinang Monica Haprinda menyebut, pihaknya sangat mendorong para perajin ecoprint untuk semakin mendunia.

Diakui Monica, di Kota Pangkalpinang memang baru ingin memulai dan memasifkan para perajin untuk mengembangkan ecoprint.

"Awalnya yang mulai ecoprint itu di Bangka Belitung ini perajin dari Bangka Tengah, nah kita ingin perajin ecoprint di Pangkalpinang juga bisa mendunia," ujar Monica.

Berbagai pelatihan untuk perajin juga kerap diberikan agar ecoprint yang dihasilkan juga berkualitas.

"Kalau yang sekarang mejeng di Dekranasda Pangkalpinang juga sudah ada. Terus pelatihan tidak hanya untuk para perajin itu-itu saja, tapi siapa yang mau ikut sangat diperbolehkan," tuturnya.

Diakui Monica, ia sendiri mengaku sangat bangga bisa menggunakan batik ecoprint lantaran motifnya sangat unik dan memiliki ciri khas.

"Bangga karena ecoprint berbeda dari yang lain, waktu dilihat sekilas seperti print biasa namun ternyata itu dari bahan-bahan alami bukan seperti print mesin. Warnanya juga ciri khas, jadi dari satu baju dan lainnya itu tidak pernah sama warnanya," sebut Monica.

Dia berharap, para perajin ecoprint di Pangkalpinang dan juga Bangka Belitung bisa terus berkreasi dan berkaloborasi untuk kemajuan ecoprint yang kian mendunia.

"Semoga perajin ecoprint ini semakin sukses, pasarnya bisa tembus dunia. Kita Pemerintah Kota Pangkalpinang selaku mendorong perajin ecoprint kian sukses dan mendunia," tuturnya. (t2)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved